Tombilangi, Oskar (2014) Jean-Jacques Rousseau: Konsep Pemikiran J.J. Rousseau dan Relevansinya dalam Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
oskar_hd.doc Download (175kB) |
|
Text
oskar_kp.doc Download (61kB) |
|
Text
oskar_bab_1.doc Download (143kB) |
|
Text
oskar_bab_2.doc Download (255kB) |
|
Text
oskar_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text
oskar_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (21kB) | Request a copy |
|
Text
oskar_dp.doc Download (24kB) |
|
Text
oskar_cv.doc Download (34kB) |
Abstract
OSKAR TOMBILANGI, 20092917, menyusun skripsi ini dengan judul ,<JEAN-JACQUES ROUSSEAU” dengan sub judul Konsep Pemikiran J.J. Rousseau dan Relevansinya Dalam Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. Dengan asuhan dosen pembimbing I: Dr. Maidiantius Tanyid; pembimbing II: Dr. Abraham S. Tanggulungan, M.si. Penulis mengangkat topik ini karena, berangkat dari keprihatinan menyaksikan masalah PAK di sekolah, gereja, keluarga dan masyarakat masa kini. Masalah yang dimaksudkan ialah terjadinya ketimpangan-ketimpangan dalam mendidik anak, seperti kekerasan kepada anak, penggunaan metode belajar yang kurang efektif dan secara khusus bagi guru PAK yang kurang mampu memahami keberadaan naradidik seutuhnya. Pelecehan-pelecehan yang dilakukan oleh guru kepada murid akhir-akhir ini membuat gelisah banyak kalangan. Pandangan orang banyak yang merupakan hal yang ideal dalam ruang lingkup pendidikan ialah, seharusnya lingkungan sekolah menyenangkan bukan justru membahayakan masa depan siswa. Oleh sebab itu, lewat skripsi ini penulis hadir memberi ide atau paradigma berpikir baru dengan sebuah harapan besar bahwa semoga dengan konsep pemikiran J. J. Rousseau tentang pendidikan yang penulis telah kaji, mampu menjawab dan menemukan jalan keluar dari masalah PAK maasa kini. Rousseau begitu peka terhadap masalah-masalah pendidikan pada zamannya, namun hal yang tidak bisa dipungkiri pandangan-pandanganya tentang pendidikan sampai masa kini masih digemari oleh kaum pendidik. Jika pada saat ini Jokowi memproklamirkan pendidikan berkarakter dengan istilah revolusi mental, Rousseau jauh-jauh hari telah mendemokan hal demikian. Setelah penulis melakukan penelitian melalui kajian pustaka dan mengamati secara langsung masalah PAK yang kerap kali terjadi justru menciderai ideologi pendidikan yang sesungguhnya yaitu mencerdaskan manusia. Maka dapat disimpulkan bahwa konsep pemikiran J.J. Rousseau tentang pendidikan yang begitu cemerlang relevan untuk diterapkan dalam pendidikan agama Kristen guna menemukan solusi dan memberikan paradigma baru dalam menghadapi masalah PAK masa kini. Kendatipun Rousseau hidup sekian ratus tahun yang lalu, namun pikiranya tentang pendidikan sangat dibutuhkan dalam menjawab masalah-masalah PAK masa kini. Pengetahuan bukan hanya konsep melainkan ia adalah sebuah realitas yang harus nampak dalam praksis kehidupan manusia di lingkungannya. Rousseau mengutarakan pengaruh lingkungan dalam pertumbuhan dan pembentukan mental begitu besar.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 08:04 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 08:04 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3579 |
Actions (login required)
View Item |