Sein, Elitha (2014) Peningkatan Efektivitas Pembelajaran PAK Melalui Penggabungan Kelas Paralel di Kelas V SDN 03 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
elitha_hd.doc Download (205kB) |
|
Text
elitha_kp.doc Download (72kB) |
|
Text
elitha_bab_1.doc Download (63kB) |
|
Text
elitha_bab_2.doc Download (350kB) |
|
Text
elitha_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text
elitha_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text
elitha_bab_5.doc Restricted to Repository staff only Download (17kB) | Request a copy |
|
Text
elitha_dp.doc Download (31kB) |
|
Text
elitha_lp.doc Download (15kB) |
|
Text
elitha_cv.doc Download (66kB) |
Abstract
ELITHA SEIN dengan judul skripsi: “Peningkatan Efektivitas Pembelajaran PAK melalui Penggabungan Kelas Paralel di Kelas V SDN 03 Rantepao Kabupaten Toraja Utara”. Dalam penempatan di laporan, mata pelajaran agama menjadi urutan pertama. Pelajaran agama akan membekali peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran umum, karena di dalam pelajaran agama peserta didik akan dibekali untuk membedakan mana yang baik dan tidak baik untuk dilakukan. Yang menjadi fokus pembahasan dalam skripsi ini adalah pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Pendidikan Agama Kristen merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan umat kristiani, karena Pendidikan Agama Kristen adalah proses membawa peserta didik kepada taraf kedewasaan iman. Dalam proses pembelajaran PAK untuk dapat mencapai hasil maksimal dengan baik, maka pembelajaran itu harus efektif. Pembelajaran dikatakan efektif apabila siswa dan guru dalam melakukan pembelajaran berhasil, siswa dan guru aktif, kelas terkontrol dan interaksi antara siswa dan guru berjalan dengan baik. Penulis mencoba untuk meneliti bagaimana peningkatan efektivitas pembelajaran PAK melalui penggabungan kelas paralel di kjelas V SDN 03 Rantepao. Hal inilah yang mendorong penulis untuk meneliti efektivitas pembelajaran yang terjadi di dalamnya sehubungan dengan penggabungan kelas paralel ini. Dalam hal ini penulis menguraikan bagaimana pembelajaran PAK berlangsung dalam penggabungan kelas paralel, apakah beijalan efektif atau tidak, dengan berpedoman pada indikator efektivitas pembelajaran yakni: terlaksananya metode pembelajaran dengan baik, kelas terkontrol, guru dan siswa aktif dalam pembelajaran, teijadi interaksi yang baik antar guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 18:57 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 18:57 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3454 |
Actions (login required)
View Item |