Guru PAK dan Spiritualitas Peserta Didik: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Pengaruh Peranan Khusus Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Pertumbuhan Spritualitas Peserta Didik Kelas VI di SDN No. 328 Inpres Marintang, Lembang Simbuang, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja

Sappu, Kory Yusri (2011) Guru PAK dan Spiritualitas Peserta Didik: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Pengaruh Peranan Khusus Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Pertumbuhan Spritualitas Peserta Didik Kelas VI di SDN No. 328 Inpres Marintang, Lembang Simbuang, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
kory_hd.doc

Download (130kB)
[img] Text
kory_kp.doc

Download (62kB)
[img] Text
kory_bab_1.doc

Download (70kB)
[img] Text
kory_bab_2.doc

Download (351kB)
[img] Text
kory_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
kory_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
kory_bab_5.doc

Download (14kB)
[img] Text
kory_dp.doc

Download (31kB)
[img] Text
kory_lp.doc

Download (501kB)
[img] Text
kory_cv.doc

Download (19kB)

Abstract

Kory Yusri Sappu, 2006, <5Guru Pak dan Spritualitas Peserta Didik ’’ Suatu Tinjauan Teologis Praktis Tentang pengaruh peranan khusus guru PAK terhadap spritualitas peserta didik. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK), Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja. Dalam pertumbuhan spritualitas peserta didik, peranan guru PAK sebagai pengajar dan pendidik merupakan tugas yang sangat penting. Penulis mengkaji masalah ini karena penulis melihat realita yang ada di lapangan bahwa ada guru PAK yang belum melaksanakan perannya secara baik khususnya dalam menumbuhkan spritualitas peserta didik. Meskipun seharusnya sebagai pendidik bukan hanya mengajar secara teoritis tetapi harus mengarahkan dan membimbing peserta didiknya dalam pertumbuhan spritualitas peserta didik. Sehingga berdasarkan alasan di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji masalah ini di mana penulis akan melihat bagaimana peranan guru PAK dalam menumbuhkan spritualitas peserta didik. Sehingga Skripsi ini dirampungkan dengan upaya mengetahui pengaruh paranan khusus guru PAK terhadap pertumbuhan spritualitas peserta didik kelas VI di Sekolah dasar Negeri No. 328 Inpres Marintang. Data yang dikumpulkan sebagai hasil penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif yang dikaji dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik, yaitu menggunakan tabel tabulasi dan yang kemudian dianalisis dan pengujian Hipotesa. Data yang penulis butuhkan dalam penulisan ini diperoleh dengan menggunakan teknik angket (kuessioner), observasi (pbservatiori) dan wawancara (interview) sebagai pelengkap. Data tersebut diolah dengan menggunakan metode deskriptif yaitu data yang diperoleh di lapangan dipaparkan apa adanya berdasarkan kenyataan yang terjadi di lapangan. Dari hasil penelitian terhadap 20 peserta didik kelas VI di Sekolah Dasar Negeri No.328 Inpres Marintang yang beragama Kristen Protestan, penulis menemukan bukti bahwa guru PAK telah melaksanakan perannya tetapi belum maksimal sehingga pengarunya terhadap pertumbuhan spritualitas peserta didik barada pada ketegori sedang, sedangkan tingkat pertumbuhan spritualitas lebih tinggi daripada peranan guru PAK ini. Hal ini mungkin di pengaruhi oleh faktor lain yaitu kelurga dan gereja yang juga merupakan tempat untuk menumbuhkan spritualitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 03 Dec 2024 18:39
Last Modified: 03 Dec 2024 18:39
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3452

Actions (login required)

View Item View Item