Analisis Konsep Pembelajaran PAK dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas VII di SMPN 4 Gandangbatu Sillanan

Risma, Risma (2023) Analisis Konsep Pembelajaran PAK dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas VII di SMPN 4 Gandangbatu Sillanan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
risma_similarity_index.pdf

Download (729kB)
[img] Text
risma_hr_kp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
risma_bab_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
risma_bab_2.pdf

Download (8MB)
[img] Text
risma_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
risma_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
risma_bab_5.pdf

Download (397kB)
[img] Text
risma_dp.pdf

Download (1MB)

Abstract

Merdeka belajar adalah pembelajaran yang dapat dilakukan dimana saja dengan adanya kebebasan dalam memilih pembelajaran oleh individu berbasis proyek. Dalam penerapannya di SMPN 4 Gandangbatu Sillanan belum sepenuhnya dilakukan, salah satu penyebabnya, dikarenakan guru masih terbiasa dengan kurikulum 2013 yang sebelumnya digunakan, sehingga belum terbiasa menyesuaikan dengan penerapan kurikulum merdeka belajar, dalam merancang tentang membuat modul kurikulum merdeka yang akan diterapkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui konsep pembelajaran PAK dalam implementasi kurikulum merdeka belajar kelas VII di SMPN 4 Gandangbatu Sillanan. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terkait konsep pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 4 Gandang Batu Sillanan, dapat disimpulkan bahwa konsep ini memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengontrol dan mengatur proses belajar mereka sendiri. Dalam konsep ini, siswa diberikan otonomi dan tanggung jawab dalam menentukan tujuan belajar, memilih metode atau strategi pembelajaran yang sesuai, serta mengeksplorasi materi pelajaran sesuai minat dan kebutuhan mereka.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: S.I.Pust sarmita sumule
Date Deposited: 17 Feb 2024 11:46
Last Modified: 30 Jul 2024 08:39
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item