Landorundun: Studi Teologis tentang Nilai Pedagogis yang Terdapat dalam Legenda Landorundun

Sulo, Enos (2014) Landorundun: Studi Teologis tentang Nilai Pedagogis yang Terdapat dalam Legenda Landorundun. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
enos_hd.doc

Download (183kB)
[img] Text
enos_kp.doc

Download (76kB)
[img] Text
enos_bab_1.doc

Download (87kB)
[img] Text
enos_bab_2.doc

Download (244kB)
[img] Text
enos_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
enos_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
enos_bab_5.doc

Download (14kB)
[img] Text
enos_dp.doc

Download (32kB)
[img] Text
enos_lp.doc

Download (693kB)
[img] Text
enos_cv.doc

Download (34kB)

Abstract

LANDORUNDUN, studi teologis tentang nilai pedagogis yang terdapat dalam legenda Landorundun. Enos Sulo 20072703, pembimbing satu: Pdt. Drs. Daud Sangka’ P., M.Si., pembimbing dua: Mery Toban, S.Th., M.Pd. K. Ulelean pare sebagai salah satu bentuk pendidikan dalam masyarakat Toraja seakan tergilas oleh perubahan zaman. Penanaman nilai moral bagi anak dalam masyarakat Toraja melalui ulelean pare lumpuh dan tidak lagi di ceritakan. Waktu senggang yang seharusnya diisi dengan memberikan perhatian penuh kepada anak dan menceritakan ulelean pare di ambil alih oleh menonton TV, dan berbagai kesibukan lain. Hal ini disebabkan oleh suatu paradigma tentang ulelean pare yang dianggap tidak penting lagi dan tidak sesuai dengan zaman sekarang. Melihat keberadaan uleleanpare yang sedang berada dalam krisis identitas bahkan hampir punah, penulisan ini bertujuan untuk melihat nilai-nilai yang didapat dari ulelean pare. Dengan melihat nilai pendidikan dalam ulelean pare tersebut, akan muncul kesadaran untuk tetap menjadikan ulelean pare sebagai salah satu sarana pendidikan bagi anak. Penulis mengangkat masalah tersebut dengan pendekatan kualitatif. Perolehan data dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan studi kepustakaan, observasi dan wawancara khususnya dari masyarakat To’bubun kecamatan Sesean Suloara’. Dalam hasil penelitian penulis menemukan beberapa nilai pedagogis yang terdapat dalam Legenda Landorundun yang penulis kaji secara teologis. Nilai-nilai tersebut penting ditanamkan kepada anak sejak dini sehingga mereka tumbuh dengan penuh kearifan, selain itu dapat menjadi akses pembentukan karakter anak. Berdasarkan uaraian teori maupun pemaparan fakta di lapangan, maka penulis menyimpulkan bahwa ulelean pare sarat dengan nilai moral yang bermanfaat untuk mendidik anak, karena itu ulelean pare harusnya tetap di ceritakan kepada anak.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 04 Nov 2024 19:45
Last Modified: 04 Nov 2024 19:45
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item View Item