Kombo, Naomi (2011) Motivasi Pelayanan: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Hubungan Motivasi Pelayan dengan Mutu Pelayanan Kebaktian Anak dan Remaja (KAR) dalam Gereja Toraja di Jemaat Ba’tan, Klasis Kesu’ Malenong, Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
naomi_hd.doc Download (111kB) |
|
Text
naomi_kp.doc Download (89kB) |
|
Text
naomi_bab_1.doc Download (49kB) |
|
Text
naomi_bab_2.doc Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text
naomi_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text
naomi_bab_5.doc Download (19kB) |
|
Text
naomi_dp.doc Download (39kB) |
|
Text
naomi_cv.doc Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Naomi Kombo, “Motivasi Pelayan”. Suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Hubungan Motivasi Pelayan dengan Mutu Pelayanan Kebaktian Anak dan Remaja (KAR) dalam Gereja Toraja di Jemaat Ba’tan Klasis Kesu’ Malenong Toraja Utara. Anak dan remaja adalah bagian yang integral dalam gereja yang harus dibawa kepada pengenalan akan Yesus Kristus. Sebagai ciptaan yang paling mulia, manusia dipanggil untuk melayani Allah dan Sesama. Salah satu bentuk pelayanan adalah melayani anak dan remaja. Melayani adalah pekeijaan yang sangat baik dan mulia. Menjadi seorang pelayan bukan hal yang mudah. Pelayanan dilakukan untuk kemuliaan dan kebesaran nama Tuhan, bukan untuk kepentingan pribadi. Tetapi pada kenyataannya ada pelayan yang tidak melayani dengan baik sehingga pelayanan yang dihasilkan tidak bermutu. Hal itu mungkin terjadi karena motivasi mereka melayani belum sepenuhnya benar-benar untuk melayani. Padahal pelayanan yang bermutu adalah pelayanan yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Melalui penelitian ini, peneliti ingin melihat apakah ada hubungan yang positif antara motivasi pelayan khususnya pelayan KAR, dengan mutu pelayanan di Jemaat Ba’tan Klasis Kesu’ Malenong Toraja Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebarkan angket kepada semua pelayan KAR di Jemaat Ba’tan yang berjumlah 18 responden. Teknik pengumpulan data yang lain yang juga digunakan adalah studi pustaka untuk mencari pokok-pokok yang relevan dengan masalah yang dibahas. Teknik yang tidak kalah penting yang digunakan peneliti adalah observasi yaitu mengamati secara langsung keaktifan pelayan di Jemaat Ba’tan dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada anak dan remaja. Wawancara singkat juga digunakan penulis untuk membandingkan hasil angket dengan. Hasil penelitian membuktikan bahwa motivasi seorang pelayan memiliki hubungan yang positif dengan mutu pelayanan. Walaupun di Jemaat Ba’tan memahami pelayanan secara teori, namun dalam prakteknya masih sangat kurang. Hal ini disebabkan karena mereka lebih mendahulukan kepentingan pribadi.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 13:53 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 13:53 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2925 |
Actions (login required)
View Item |