Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Sikap Disiplin Tata Tertib pada Siswa Kelas IV-V SD Negeri 037 Rambu Belue, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara

Turu’, Yunalis (2013) Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Sikap Disiplin Tata Tertib pada Siswa Kelas IV-V SD Negeri 037 Rambu Belue, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
yunalis_hd.doc

Download (185kB)
[img] Text
yunalis_kp.doc

Download (61kB)
[img] Text
yunalis_bab_1.doc

Download (96kB)
[img] Text
yunalis_bab_2.doc

Download (713kB)
[img] Text
yunalis_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
yunalis_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
yunalis_bab_5.doc

Download (77kB)
[img] Text
yunalis_dp.doc

Download (30kB)
[img] Text
yunalis_cv.doc

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Yunalis Turu. 20082856. Tahun 2013. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Sikap Disiplin Tata Tertib pada Siswa Kelas IV-V SD Negeri 037 Rambu Belue, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara”. Alasan Penulis untuk memilih judul ini karena terdorong oleh rasa ingintahu penulis akan peran Guru PAK dalam membangun sikap disiplin tata tertib pada Siswa Sekolah Dasar 037 Rambu Belue, karena berdasarkan hasil pengamatan awal penulis menunjukkan bahwa sekolah tersebut kurang kondusif dalam menciptakan sikap disiplin khususnya dalam menaati tata tertib sekolah. Disiplin merupakan suatu latihan batin yang terwujud dalam tingkah laku yang mempunyai tujuan agar manusia selalu patuh pada peraturan. Dengan adanya disiplin tata tertib diharapkan anak didik mampu mendisiplinkan diri dalam menaati peraturan sekolah, belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan mudah mencapai tujuan pendidikan. Olehnya itu, guru sebagai pendidik di sekolah termasuk Guru Pendidikan Agama Kristen memegang peranan penting dalam membangun moral anak didik termasuk sikap disiplin. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yakni pada pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan studi kepustakaan dan penelitian lapangan dengan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semiterstuktur dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Model Miles dan Huberman. Setelah penulis melakukan penelitian dan menganalisis hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam membangun sikap disiplin tata tertib pada siswa kelas IV-V di SD Negeri 037 Rambu Belue, belum maksimal. Hal ini dilihat dari peran Guru PAK dalam mendidik, membimbing, menjadi teladan, mengarahkan, dan menginspirasi siswa yang belum terlaksana secara baik yang sebagian besar disebabkan oleh faktor kepribadian dan cara/ metode yang digunakan Guru PAK dalam membangun sikap disiplin tata tertib. Olehnya itu, Guru PAK sangat perlu mengetahui dan memahami cara-cara membangun disiplin sehingga dapat meningkatkan perannya yang lebih baik dan efektif dalam membangun sikap disiplin tata tertib pada siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 24 Oct 2024 20:03
Last Modified: 24 Oct 2024 20:03
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item