Implementasi Metode Brainstoming untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK Kelas VII SMP Kristen Gandangbatu

Paturu', Naomi (2023) Implementasi Metode Brainstoming untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK Kelas VII SMP Kristen Gandangbatu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
naomi_similarity.pdf

Download (523kB)
[img] Text
naomi_kata_pengantar_bab_1.pdf

Download (574kB)
[img] Text
naomi_bab_2.pdf

Download (630kB)
[img] Text
naomi_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text
naomi_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
naomi_bab_5_daftar_pustaka.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini diangkat karena pada observasi awal ditemukan kurangnya keaktifan belajar siswa kelas VII SMP Kristen Gadangbatu yang berjumlah 19 siswa. Dengan menawarkan implementasi metode brainstorming yang tujuannya sejalan dengan teori Amin, bahwa metode pembelajaran brainstorming merupakan suatu upaya menjadikan proses belajar mengajar menarik dan bisa mendorong peserta didik untuk aktif dalam belajar serta mengemukakan pendapat mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Pengambilan dan pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi dan menggunakan lembar checklist untuk mengamati dan mengetahui perkembangan keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pengimplementasian metode brainstorming pada siklus I berada pada 55% dan siklus II berada pada 81%. Dengan demikian, maka disimpulkan dalam penelitian ini adalah implementasi metode brainstorming mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa.. Kata kunci: Metode pembelajaran, Keaktifan belajar, metode brainstorming.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Keaktifan belajar, metode brainstorming.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 23 Aug 2023 11:43
Last Modified: 30 Jul 2024 10:56
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item