Penerapan Metode Menghafal untuk Meningkatkan Pengetahuan Isi Alkitab pada Pembelajaran PAK Kelas VII B SMPN 2 Makale

Patodingan, Habel (2023) Penerapan Metode Menghafal untuk Meningkatkan Pengetahuan Isi Alkitab pada Pembelajaran PAK Kelas VII B SMPN 2 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
habel_simialrity_index.pdf

Download (34kB)
[img] Text
habel_kp.docx

Download (8kB)
[img] Text
habel_bab_1.docx

Download (11kB)
[img] Text
habel_bab_2.pdf

Download (344kB)
[img] Text
habel_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
habel_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
habel_bab_5.pdf

Download (143kB)
[img] Text
habel_dp.pdf

Download (245kB)
[img] Text
habel_cv.pdf

Download (81kB)

Abstract

Metode menghafal mampu meningkatkan pengetahuan isi Alkitab pada peserta didik di SMPN 2 Makale. Berdasarkan hasil pengamatan pengetahuan peserta didik sangat redah tentang isi Alkitab sehingga dibutuhkan metode yang mampu meningkatkan pengetahuan, dan metode itu adalah metode menghafal ayat Alkitab. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan penerapan metode menghafal ayat Alkitab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan dalam kelas, dalam setiap siklus terdiri dari 4 yaitu: perencanaan pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Hasil temuan, siklus I hasil pengetahuan peserta didik tentang isi Alkitab mengalami peningkatan 11 peserta didik mencapai nilai ketuntasan dan 8 peserta didik belum mencapai ketuntasan dengan hasil perolehan, jika dirata-ratakan mencapai 67,3. Pada siklus II hasil tes pengetahuan peserta didik yang tuntas mengalami peningkatan pengetahuan isi Alkitab 19 peserta didik jika dirata-ratakan hasil perolehan 91,5, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil meningkatkan pengetahuan peserta didik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode menghafal ayat Alkitab dapat meningkatkan pengetahuan pada peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Kata Kunci: Menghafal, Meningkatkan, Pengetahuan

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Menghafal, Meningkatkan, Pengetahuan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 27 Feb 2024 11:09
Last Modified: 30 Jul 2024 10:59
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item