Analisis Penerapan Metode Ear Training dalam Latihan Paduan Suara Anak Sekolah Minggu Usia 6-12 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Ararat Ullin Surakan Klasis Rembon

Bumbungan, Risma (2022) Analisis Penerapan Metode Ear Training dalam Latihan Paduan Suara Anak Sekolah Minggu Usia 6-12 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Ararat Ullin Surakan Klasis Rembon. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
risma_skpp.doc

Download (52kB)
[img] Text
risma_hd.doc

Download (187kB)
[img] Text
risma_kp.doc

Download (70kB)
[img] Text
risma_bab_1.doc

Download (91kB)
[img] Text
risma_bab_2.doc

Download (166kB)
[img] Text
risma_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
risma_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text
risma_bab_5.doc

Download (18kB)
[img] Text
risma_dp.doc

Download (17kB)
[img] Text
risma_lp.doc

Download (550kB)
[img] Text
risma_lp2.doc

Download (1MB)
[img] Text
risma_cv.doc

Download (33kB)

Abstract

Bumbungan, Risma. 201544076. Menulis skripsi dengan judul "Analisis Penerapan Metode Ear Training dalam latihan paduan suara anak sekolah minggu usia 6-12 tahun di Gereja Toraja Jemaat Ararat Surakan Klasis Rembon." Yang dibimbing oleh bapak Roby Marrung, M.Th dan bapak Habel Kombongkila', M.Sn. Latihan paduan suara menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan kelompok paduan suaranya seperti paduan suara anak sekolah minggu di Gereja Toraja Jemaat Ararat Ullin Surakan memiliki karakteristik yang masih suka meniru sehingga diterapkan metode solfeggio yaitu metode Ear Training atau melatih kepekaan dengan menirukan apa yang diajarkan atau dilatih dengan pendekatan-pendekatan yang sesuai dengan karakteristik anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan buku-buku sebagai bahan penelusuran kajian teori dan penelitian lapangan untuk mendapatkan data-data dengan melakukan observasi dan wawancara kepada 2 orang pelatih atau guru sekolah minggu, salah satu anggota jemaat, dan 3 orang anak sekolah minggu kelas besar. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan metode Ear Training dalam paduan suara anak sekolah minggu di Gereja Toraja Jemaat Ararat Ullin Surakan cukup berhasil Karena membantu memudahkan anak dalam memahami apa yang diajarkan dalam latihan paduan suara. Choir practice using a method that suits the needs of the choir group, such as the Sunday school children's choir at the Toraja Church, the Ararat Ullin S urakan congregation, has characteristics that still like to imitate, so the solfeggio method is being taught or trained zvith an approach that isapproprite to the characteristics ofthe child. This study uses qualitative research by using books as research material for theoretical studies and field research to obtain data by conducting observations and interviews with 2 Sunday school coaches or teachers, one member of the congregation, ans 3 big class Sunday school children. Based on the results ofthe study, the application ofthe Ear Training method in the Sunday School children's choir at the Toraja Chruch of the Ararat Ullin Surakan congregation wa quite successful because it helped make it easier for children to understand what was being taught in the choir practice.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Depositing User: ap sarmita sumule
Date Deposited: 26 Sep 2024 13:44
Last Modified: 26 Sep 2024 13:44
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2511

Actions (login required)

View Item View Item