Pengaruh Metode Group Investigation terhadap Kemandirian Belajar PAK Siswa Kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 di SMAN 1 Tana Toraja

Mangopo, Jesy Fieny (2023) Pengaruh Metode Group Investigation terhadap Kemandirian Belajar PAK Siswa Kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 di SMAN 1 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
jesy_similarity_index.pdf

Download (67kB)
[img] Text
jesy_kp.docx

Download (16kB)
[img] Text
jesy_bab_1.docx

Download (11kB)
[img] Text
jesy_bab_2.pdf

Download (495kB)
[img] Text
jesy_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
jesy_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
jesy_bab_5.pdf

Download (321kB)
[img] Text
jesy_dp.pdf

Download (402kB)
[img] Text
jesy_cv.pdf

Download (162kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masing-masing siswa difasilitasi dengan buku paket PAK untuk dipelajari di rumah dan di sekolah namun siswa malas membaca dan hanya mengharapkan informasi dari penjelasan guru di kelas. Dari 36 jumlah siswa kelas XI IPA 1 hanya 11 siswa yang mencari informasi pada buku yang menunjukkan kurangnya kemandirian belajar pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode group investigation terhadap kemandirian belajar PAK siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 di SMAN 1 Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen true-experimental design bentuk posttest only control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Serta hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung>ttabel yaitu 2,942 > 1,667 berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kedua hasil menunjukkan bahwa metode group investigation berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar PAK siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 di SMAN 1 Tana Toraja. Kata kunci : Metode, pengaruh, group investigation, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Metode, pengaruh, group investigation, kemandirian belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 28 Feb 2024 21:08
Last Modified: 30 Jul 2024 13:10
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item