Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technolgy: sebuah Implementasi dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas X2 SMA Negeri 5 Tana Toraja

Allo, Widiarto Boro (2023) Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technolgy: sebuah Implementasi dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas X2 SMA Negeri 5 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
similarity_widi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
file_2_kata_pengantar_bab_1_widi.pdf

Download (480kB)
[img] Text
file_3_bab_2_widi.pdf

Download (643kB)
[img] Text
file_4_bab_3_widi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
file_5_bab_4_widi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
file_6_bab_5_widi.pdf

Download (379kB)
[img] Text
file_7_daftar_pustaka_widi.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini diangkat karena ditemukan rendahnya keaktifan belajar siswa (40%) dan kreativitas belajar siswa (47%) pada mata pelajaran PAK kelas X2 SMA Negeri 5 Tana Toraja. Dengan menawarkan implementasi media pembelajaran berbasis ICT, yang tujuannya sejalan dengan teori Ani Cahyadi, bahwa media ini membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik, dapat membangun keaktifan dan kreativitas belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang datanya dikumpulkan melalui teknik observasi dan menggunakan lembar checklist untuk mengamati dan menganalisis perkembangan keaktifan dan kreativitas belajar siswa, serta dengan menganalisis dokumen yang bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa, yang digunakan oleh peneliti untuk membantu pengimplementasian media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian media pembelajaran berupa gambar, video dan kuis serta pembuatan poster, maka keaktifan belajar siswa: keaktifan bertanya, keaktifan menjawab, dan keaktifan di dalam kerja kelompok, pada siklus II berada pada 92,9%; sedangkan kreativitas belajar siswa: fleksibilitas, elaborasi dan orisinalitas, pada siklus II berada pada 77,1%. Kata-kata kunci: Keaktifan Siswa, Kreativitas Siswa, Media Pembelajaran ICT.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, kreativitas siswa, media pembelajaran ICT.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: S.I.Pust sarmita sumule
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:38
Last Modified: 30 Jul 2024 11:36
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item