Fungsi Cerita Alkitab dalam Perkembangan Spiritualitas Anak Sekolah Minggu Kelas Indria Berdasarkan Teori James W. Fowler di Gereja Toraja Jemaat Imanuel Terpedo Klasis Sangbua Lambe'

Darsi, Darsi (2022) Fungsi Cerita Alkitab dalam Perkembangan Spiritualitas Anak Sekolah Minggu Kelas Indria Berdasarkan Teori James W. Fowler di Gereja Toraja Jemaat Imanuel Terpedo Klasis Sangbua Lambe'. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
darsi_similarity.doc

Download (26kB)
[img] Text
darsi_hd.doc

Download (1MB)
[img] Text
darsi_kp.doc

Download (82kB)
[img] Text
darsi_bab_1.doc

Download (99kB)
[img] Text
darsi_bab_2.doc

Download (369kB)
[img] Text
darsi_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
darsi_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
darsi_bab_5.doc

Download (65kB)
[img] Text
darsi_dp.doc

Download (26kB)
[img] Text
darsi_lp.doc

Download (51kB)
[img] Text
darsi_cv.doc

Download (27kB)

Abstract

Darsi (2020186005). Menulis skripsi dengan judul "Fungsi Cerita Alkitab Dalam Perkembangan Spritualitas Anak Sekolah Minggu Kelas Balita Berdasarkan Teori James W. Fowler Di Gereja Toraja Jemaat Imanuel Terpedo Klasis SangbuaLambe". Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, di bawah bimbingan Feriyanto, M.Si selaku pembimbing satu dan Trisnawati Darius, M.Th sebagai pembimbing dua.Karya ini didasari atas keadaan anak sekolah minggu kelas Balita mampu menampilkan perkembangan spiritualitas yang cukup baik setelah mendengarkan cerita Alkitab dalam kebaktian sekolah minggu. Tujuan dari penelitian ini, yakni untuk mencari tahu tentang bagaimana cerita Alkitab mempengaruhi perkembangan anak sekolah minggu kelas Balita berdasar pada teori James W. Fowler di Gereja Toraja Jemaat Imanuel Terpedo Klasis Sangbua Lambe'. Untuk membantu peneliti menjawab rumusan masalah yang ada, maka dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatff dalam melakukan penelitian. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa cerita Alkitab sangat berfungsi dalam perkembangan spiritualitas anak kelas Balita di Gereja Toraja Jemaat Imanuel Terpedo Klasis Sangbua Lambe'. Berdasarkan fasenya, cerita Alkitab dapat berperan penting dalam pembentukan spiritualitas anak sekolah minggu kelas Balita, jikalau cerita Alkitab yang disampaikan dapat dikemas sedemikian rupa agar dapat menyentuh kehidupan real anak , sehingga melalui cerita yang didengarkan mereka mampu berimajinasi dan berfantasi. Salah satu metode atau cara yang dilakukan guru sekolah minggu Gereja Toraja Jemaat Imanuel Terpedo Klasis Sangbua Lambe' untuk menyampaikan Firman Tuhan yaitu melalui metode bercerita secara langsung dibantu dengan alat peraga atau cerita Alkitab dikolaborasikan dengan cerita rakyat yang berhubungan dengan cerita Alkitab yang disampaikan sehingga anak dapat mengerti dan memahami pesan yang terkandung dari cerita Alkitab. Hasilnya adalah secara perlahan membentuk spritualitas anak, sehingga anak mempunyai perilaku yang baik, dan anak berupaya melakukan setiap cerita Alkitab dalam kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: ap sarmita sumule
Date Deposited: 22 Jul 2024 15:41
Last Modified: 26 Jul 2024 11:00
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item