Peranan Guru sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Makale Kecamatan Makale Utara

Kadarma, Marselina (2017) Peranan Guru sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Makale Kecamatan Makale Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
marselina_hd.doc

Download (135kB)
[img] Text
marselina_kp.doc

Download (70kB)
[img] Text
marselina_bab_1.doc

Download (104kB)
[img] Text
marselina_bab_2.doc

Download (379kB)
[img] Text
marselina_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
marselina_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
marselina_bab_5.doc

Download (11kB)
[img] Text
marselina_dp.doc

Download (18kB)
[img] Text
marselina_lp.doc

Download (153kB)
[img] Text
marselina_cv.pdf

Download (325kB)

Abstract

MARSELINA KADARMA. 20133728. Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Makale Kecamatan Makale Utara, 2017. Dengan dosen pembimbing Dr. Selvianti, M.Th sebagai dosen pembimbing pertama dan Mery Toban, S.Th., M.Pd.K sebagai pembimbing kedua. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama yaitu menjadi fasilitator, melihat kenyataan dilapangan siswa belum termotivasi untuk lebih giat dalam belajar. Menyikapi hal tersebut, maka guru diharapkan memposisikan dirinya sebagai fasilitator yang akan memberikan dan menumbuhkan motivasi kepada siswa agar dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Bahkan juga dituntut kreativitas dari guru untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, sehingga terbentuk perilaku belajar siswa yang aktif dan bersemangat. Maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMKN 1 Makale, Kecamatan Makale Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMKN 1 Makale, Kecamatan Makale Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara mengamati (observasi) dan melakukan wawancara (interview). Setelah mengumpulkan data dilakukan analisis kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Peranan Guru sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Makale, Kecamatan Makale Utara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa banyak siswa kurang termotivasi untuk belajar sehingga guru diharapkan dapat menolong dan memudahkan siswa agar termotivasi belajar lebih giat melalui hal-hal yang siswa sukai.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 16 Jul 2024 10:48
Last Modified: 26 Jul 2024 13:44
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item