Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Abad 21 sebagai Langkah Strategi Meminimalisir Dekadensi Moral Siswa di SMP Negeri 1 Mengkendek

Ruppang, Berta (2023) Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Abad 21 sebagai Langkah Strategi Meminimalisir Dekadensi Moral Siswa di SMP Negeri 1 Mengkendek. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
berta_skpp.pdf

Download (75kB)
[img] Text
berta_hd.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi Pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen abad21 sebagai upaya strategis untuk mengurangi dekadensi moral siswa di SMP Negeri 1 Mengkendek. Fokus utama penelitian adalah pelaksanaan konkret kecakapan hidup dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Kristen serta dampaknya terhadap perbaikan moral siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik studi Pustaka sebagai desain penelitian. Informasi dikumpulkan melalui wawancara dengan guru Pendidikan Agama Kristen dan guru lainnya bahkan siswa, observasi pembelajaran, dan analisis dokumen lainnya. Analisis data dilkukan dengan merinci Langkah-langkah yang diambil dalam mengimplementasikan Pendidikan kecakapan hidup dan dampaknya terhadap perubahan perilaku dan moral siswa. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen mampu memberikan kontribusi signifikan dalam meminimalisir dekadensi moral siswa di SMP Negeri 1 Mengkendek. Strategi sukses melibatkan penggunaan metode pembelajaran aktif, pengembangan modul kecakapan hidup yang diintegrasikan dalam Pendidikan Agama Kristen. Kata Kunci: Pendidikan, Pendidikan Agama Kristen, Guru Pendidikan Agama Kristen, Siswa, Moral. ABSTRACT This research examines the implementation of life skills education in 21st century Christian Religious Education learning as a strategic ejfort to reduce students' moral decadence at SMP Negeri 1 Mengkendek. The main focus of the research is the concrete implementation of life skills in the context of Christian Religious Education learning and its impact on improving students' morals. This research method uses a qualitative approach with library study techniques as the research design. Information was collected through interviews with Christian Religious Education teachers and other teachers and even students, lesson observations, and analysis of other documents. Data analysis was carried out by detailing the steps taken in implementing life skills education and their impact on changes in student behavior and morals. Based on the results of the research, the author can conclude that the implementation of life skills education in Christian Religious Education learning is able to make a significant contribution in minimizing the moral decadence of students at SMP Negeri 1 Mengkendek. Successful strategies involve the use of active learning methods, development of life skills modules that are integrated into Christian Religious Education. Keywords: Education, Christian Religious Education, Christian Religious Education Teacher, Students, Morals.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias m.
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:25
Last Modified: 24 Jul 2025 08:25
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4572

Actions (login required)

View Item View Item