Allo, Petta Oti Tampang (2014) Kajian Teologi-Pedagogis terhadap Model Kebersesamaan Masyarakat Kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur dan Relevansinya bagi Pengembangan PAK Kontekstual. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
petta_hd.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
petta_kp.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
petta_bab_1.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
petta_bab_2.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text
petta_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text
petta_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
![]() |
Text
petta_bab_5.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
petta_dp.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
petta_cv.pdf Download (27kB) |
Abstract
Petta Oti Tampang Allo. Kajian Teologi-Pedagogis Terhadap Model Kebersesamaan Masyarakat Kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur dan Relevansinya Bagi Pengembangan PAK Kontekstual (di bawah bimbingan Dr. I Made Suardana, M. Th. dan Dr. Joni Tapingku, M. Th.). r' Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah pendekatan atau metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan melakukan deskriptif kualitatif, peneliti berupaya untuk menggambarkan, menganalisis, serta menginterpretasikan kesatuan-kesatuan dari variabel-variabel yang diteliti, melalui pengamatan terhadap fakta-fakta yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang terdapat dalam masyarakat, dalam hal ini model kebersesamaan masyarakat kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur. Sedangkan tujuan penelitian dari tesis ini adalah, mendeskripsikan model kebersesamaan antar masyarakat berbeda agama di kecamatan Wasuponda tersebut dan mengkajinya secara teologis-pedagogis model kebersesamaan tersebut, serta kemudian menguraikan relevansinya bagi praksis Pendidikan Agama Kristen. Realitas kemajemukan dalam masyarakat Kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur, menurut penelitian ini, sudah seharusnya tidak dikelolah lagi dengan model kebersesamaan yang eksklusivistik, sebagaimana yang telah menjadi model kebersesamaan yang selama ini dihidupi oleh masyarakat tersebut. Model kebersesamaan yang eksklusivistik itu mesti ditransformasi dan dilampaui dengan mengakomodir secara sadar dan konsisten model kebersesamaan yang pluralis. Pendidikan Agama sebagai salah satu sarana transformasi masyarakat, sudah semestinya menjadikan kemajemukan agama sebagai realitas masyarakat Wasuponda itu sebagai konteks gumulnya. Karena itu, memberikan porsi pendidikan agama dengan wawasan pluralis (bacajuga: multikultural) dalam sistem pendidikan agama dipandang perlu, agar peserta didik bahkan guru agama di sana, memiliki kepekaan dalam menghadapi gejala-gejala dan masalah-masalah sosial yang berakar pada perbedaan agama, suku, dan tatanilai yang teijadi pada lingkungan masyarakat tersebut. Kajian teologis-pedagogis yang didasarkan pada perintah cinta kasihYesus, menuntut semua orang Kristen (baca:umat Kristen di kecamatanWasuponda) untuk mampu mengasihi, menolong, dan menghargai sesamanya manusia dengan tidak diskriminatif, tidak membeda-bedakan, entah berdasarkan SARA, atau apa saja. Perbedaan agama, atau perbedaan apupun itu, seharusnya tidak lagi menjadi pembatas bagi pengamal perintah cinta kasih Yesus untuk menjadikan sesamanya sebagai saudaranya. Inilah yang menjadi semangat, ruh yang menuntun, bahkan menuntut setiap pengamal perintah cinta kasih dalam membangun kebersesamaannya yang pluralis dan sekaligus dasar bagi praksis Pendidikan Agama Kristen di sekolah-sekolah yang ada di Wasuponda yang majemuk itu. Kata-kata kunci: Pendidikan Agama Kristen, Kebersesamaan, Eksklusivisme, Inklusivisme, Pluralisme, Cinta Kasih, dan Persaudaraan Sejati. ABSTRAC
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 14:30 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 14:30 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |