Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Kompetensi dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen 2 Rantepao

Buntu, Ferawati (2013) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Kompetensi dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen 2 Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
ferawati_hd.doc

Download (246kB)
[img] Text
ferawati_bab_1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
ferawati_bab_2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ferawati_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
ferawati_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text
ferawati_bab_5.pdf

Download (79kB)
[img] Text
ferawati_dp.pdf

Download (60kB)
[img] Text
ferawati_cv.pdf

Download (46kB)

Abstract

Ferawati Buntu. 2013. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Kompetensi dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen 2 Rantepao. Seluruh aspek kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari suatu proses pendidikan yang panjang untuk membangun jati dirinya. Peranan pendidikan sangat penting dalam mempersiapkan generasi muda yang cerdas dan berkarakter yang tidak kehilangan identitasnya ditengah arus perubahan globalisasi. Bersamaan dengan adanya perubahan globalisasi, muncul berbagai krisis multidimensional yang mengakibatkan setiap sendi-sendi kehidupan dalam masyarakat mengalami kemerosotan dan tidak terkecuali pada aspek moralitas. Merosotnya karakter bangsa di negeri ini disebabkan lemahnya pendidikan karakter dalam meneruskan nilai-nilai kebangsaan dan berbaurnya arus globalisasi disertai budaya luar yang negatif mudah terserap tanpa ada filter yang cukup kuat, sehingga mengaburkan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang sesungguhnya bernilai tinggi. Nilai-nilai dalam masyarakat tidak lagi dipandang sebagai suatu hal yang dapat menjadi acuan hidup, namun hal itu semata-mata dipandang sebagai suatu ide-ide usang dan suatu hal yang semu, di mana hal itu tidak lagi relevan dengan zaman yang modem ini. Dalam konteks pendidikan, nilai kejujuran telah diinjak-injak oleh siswa yang seringkali melakukan tindakan yang tidak jujur, misalnya menyontek, plagiat dan menghalalkan berbagai cara untuk memperoleh nilai yang baik, mendapat prestasi dan lulus dalam ujian, yang seringkali melibatkan para pendidik pada saat pelaksanaan Ujian Nasional. Karena hal tersebut sering dilakukan pada saat menempuh pendidikan, maka hal itu dapat terbawa dan menjadi suatu kebiasaan ketika terjun dalam dunia kerja dengan melakukan tindakan korupsi. Berbagai kesenjangan yang terjadi ini menuntut pihak pemerintah dan unsur-unsur yang terkait di dalamnya khususnya bagi para pendidik sebagai ujung tombak pendidikan agar meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan berbasis karakter di lingkungan sekolah sehingga lulusan yang dihasilkan tidak hanya cerdas tetapi juga berkarakter. Dalam penelitian ini jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, pengamatan, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di laksanakan baik melalui hasil observasi maupun melalui hasil wawancara dengan guru dan para siswa menunjukkan bahwa guru di SMK Kristen 2 Rantepao belum sepenuhnya menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Karakter khususnya nilai kejujuran dengan baik, dimana dalam praktik pelaksanaannya teijadi kesenjangan antara tujuan yang hendak dicapai dalam kurikulum pendidikan dan pengimplementasiannya di sekolah. Guru sebagai pelaksana kurikulum dan diharapkan dapat membawa perubahan tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran, belum menunjukkan pencapaian hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 30 Jan 2025 19:12
Last Modified: 30 Jan 2025 19:12
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item View Item