Implementasi Model Kooperatif Tipe Windows Shopping untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIIIC SMP Kristen Kandora

Parai', Nelsi (2023) Implementasi Model Kooperatif Tipe Windows Shopping untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIIIC SMP Kristen Kandora. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
parai_similarity.pdf

Download (330kB)
[img] Text
parai_kata_pengantar_bab_1.pdf

Download (600kB)
[img] Text
parai_bab_2.pdf

Download (985kB)
[img] Text
parai_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text
parai_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
parai_bab_5.pdf

Download (379kB)
[img] Text
parai_daftar_pustaka.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan kolaborasi siswa ketika belajar secara kelompok. Ketika proses pembelajaran kelompok siswa sulit bekerja sama, tidak mandiri mencari jawaban, sibuk bermain dan bercerita bahkan saling mengharapkan jawaban. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti mengimplementasikan model kooperatif tipe windows shopping dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada kelas VIIIC SMP Kristen Kandora, dengan menerapkan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pra siklus diperoleh presentasi keterampilan kolaborasi sebesar 27,27% yang berada pada kategori baik dan sangat baik. Pada siklus I berdasarkan indikator keterampilan kolaborasi yaitu berkontribusi secara aktif, bekerja secara produktif, menunjukkan fleksibel, menunjukkan sikap tanggung jawab dan sikap menghargai, keterampilan kolaborasi siswa pada kategori baik hingga sangat baik sebesar 42,85% belum mencapai indikator keberhasilan 75%. Selanjutnya hasil penelitian siklus II keterampilan kolaborasi mencapai indikator keberhasilan sebesar 80,95%. Dengan demikian disimpulkan bahwa implementasi model kooperatif tipe windows shopping dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VIIIC SMP Kristen Kandora.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 23 Aug 2023 05:20
Last Modified: 30 Jul 2024 14:15
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item