Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIIB di UPT SMPN 2 Menkendek

Rapang, Nofliyanti (2023) Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIIB di UPT SMPN 2 Menkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
nofliyanti_similarity.pdf

Download (645kB)
[img] Text
nofliyanti_kp.pdf

Download (350kB)
[img] Text
nofliyanti_bab_1.pdf

Download (521kB)
[img] Text
nofliyanti_bab_2.pdf

Download (713kB)
[img] Text
nofliyanti_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text
nofliyanti_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
nofliyanti_bab_5.pdf

Download (445kB)
[img] Text
nofliyanti_dp.pdf

Download (372kB)

Abstract

Pada saat proses belajar mengajar berlangsung di UPT SMPN 2 Mengkendek khususnya kelas VIII B dijumpai ada dua segi permasalahan yaitu dari segi guru dan segi siswa. Dari segi guru, itu penulis melihat guru yang melaksanakan proses pembelajaran tidak menggunakan media, hanya disertai dengan spidol, buku cetak, papan tulis, dan guru kurang memberi variasi hanya fokus untuk pembelajaran ceramah dan pemberian tugas meskipun prasarana sudah ada. Dari segi siswa, itu kondisi belajar siswa pada saat pembelajaran atau pemberian tugas ada siswa yang tidak mengerjakannya, ada siswa merasa jenuh, ada siswa yang bermain, ada siswa yang mengantuk, ada siswa tidak fokus, dan ada siswa melamun pada saat guru menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media video dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B di UPT SMPN 2 Mengkendek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 20 jumlah keseluruhan siswa memiliki motivasi belajar yaitu minimal 75%. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada siklus pertama motivasi belajar siswa yaitu 45% kemudian meningkat pada siklus kedua yaitu 85% siswa yang mengalami motivasi belajar pada kategori baik dan sangat baik. Maka demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media pembelajaran berbasis video dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 24 Dec 2023 08:37
Last Modified: 30 Jul 2024 08:19
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item