Pasambo, Wista (2025) Analisis Konseling Kelompok Teknik Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa di SMK Kristen Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
wista_skpp.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
wista_hd.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
wista_kp.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
wista_bab_1.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
wista_bab_2.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text
wista_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
![]() |
Text
wista_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text
wista_bab_5.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
wista_dp.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
wista_lp.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text
wista_lp2.pdf Download (911kB) |
![]() |
Text
wista_cv.pdf Download (183kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam meraih prestasi di sekolah, yang terlihat dari kurangnya semangat belajar dan capaian akademik yang belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji proses pelaksanaan konseling kelompok dengan pendekatan diskusi serta dampaknya terhadap peningkatan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik diskusi yang dilaksanakan dalam enam sesi sistematis mampu membantu siswa meningkatkan kesadaran diri, semangat belajar, dan dorongan untuk meraih prestasi secara lebih optimal. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik diskusi efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa di SMK Kristen Makale, serta memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan akademik mereka. Kata kunci: Konseling kelompok, teknik diskusi, motivasi berprestasi. ABSTRACT The background of this research is the low achievement motivation among students, as indicated by a lack of enthusiasm for learning and suboptimal academic performance. The purpose of this study is to examine the process of implementing group counseling using the discussion technique and its impact on improving students’ achievement motivation. This research employed a descriptive qualitative method, with data collected through interviews, observations, and documentation. The findings show that group counseling conducted in six systematic sessions helped students increase self-awareness, strengthen learning enthusiasm, and foster the drive to achieve better academic performance. Therefore, this study concludes that group counseling using the discussion technique is effective in enhancing students’ achievement motivation at SMK Kristen Makale and contributes positively to their academic development. Keywords: Group counseling, discussion technique, achievement motivation.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias m. |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:01 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:01 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |