Chintya, Chintya (2025) Analisis Implementasi Nilai-Nilai Kristiani dalam Mengatasi Catcalling di SMK 2 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
chintya_skpp.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
chintya_hd.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
chintya_kp.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
chintya_bab_1.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
chintya_bab_2.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
chintya_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
Text
chintya_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
![]() |
Text
chintya_bab_5.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
chintya_dp.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
chintya_lp.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text
chintya_lp2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
chintya_cv.pdf Download (176kB) |
Abstract
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah fenomena catcalling di SMK 2 Tana Toraja yang bertentangan dengan nilai-nilai Kristiani. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi nilai-nilai Kristiani dalam mengatasi catcalling. Teori yang mendasari penelitian ini adalah nilai-nilai Kristiani dalam Galatia 5:22-23, khususnya kasih dan penguasaan diri. Pada penelitian ini yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif dengan dukungan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan internalisasi nilai kasih dan penguasaan diri di kalangan siswa masih parsial. Pelaku seringkali tidak menyadari dampak negatif dari tindakannya, sementara korban mengalami ketidaknyamanan psikologis. Oleh karena itu, pemahaman dan penerapan nilai-nilai Kristiani secara holistik, yang didukung oleh keteladanan guru, sangat esensial untuk mencegah catcalling dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman. Kata Kunci: Catcalling, nilai Kristiani, ABSTRACT The main issue in this research is the phenomenon of catcalling at SMK 2 Tana Toraja, which contradicts Christian values. This study aims to analyze the implementation of Christian values in addressing catcalling. The underlying theory is based on the Christian values outlined in Galatians 5:22-23, specifically love and self-control. In this study, the author used a qualitative method supported by a case study approach. The research data was collected using observation, interviews, and documentation techniques. The conclusions from the research results show that students' understanding and internalization of the values of love and self-control are still partial. Perpetrators often fail to recognize the negative impact of their actions, while victims experience psychological discomfort. Therefore, a holistic understanding and application of Christian values, supported by teacher role models, are essential for preventing catcalling and fostering a safe school environment. Keywords: catcalling, Christian values.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias m. |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:33 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:33 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |