Studi Kasus Penerapan Wajib Belajar Pendidikan Agama Kristen terhadap Psikis Siswa Non Kristen di Salah Satu SMP Yayasan Kristen Toraja Utara

Malino, Indriani Rimman (2023) Studi Kasus Penerapan Wajib Belajar Pendidikan Agama Kristen terhadap Psikis Siswa Non Kristen di Salah Satu SMP Yayasan Kristen Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
cek plagiasi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Kata Pengantar dan BAB 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (425kB)

Abstract

INDRIANI RIMMAN MALINO dengan NIRM 1020196883, Jurusan Pendidikan Agama Kristen, menyusun skripsi ini dengan judul Studi Kasus Penerapan Wajib Belajar Pendidikan Agama Kristen Terhadap Psikis Siswa Non Kristen Di Salah Satu SMP Yayasan Kristen Toraja Utara. Di bawah bimbingan Dr. Calvin Sholla Rupa, M.Th. dan Dr. Syani Bombongan Rante Salu, M.Pd.K. Psikis memiliki peran yang sangat penting secara khusus terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, dengan sekolah mewajibkan siswa Non Kristen untuk belajar Pendidikan Agama Kristen akan memberikan pengaruh bagi psikis siswa. Psikis merupakan jiwa seseorang, dan ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya problem psikis pada individu yaitu lingkungan sekolah, faktor hereditas, lingkungan keluarga, dan teman sebaya. Sekolah yang mewajibkan siswa Non Kristen untuk belajar Pendidikan Agama Kristen dapat mempengaruhi psikis siswa, hal inilah yang terjadi pada siswa Non Kristen di salah satu sekolah Yayasan Kristen di Toraja Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan kajian pustaka. Dari hasil penelitian ini, maka dapat dikatakan bahwa sekolah yang mewajibkan siswa Non Kristen belajar Pendididan Agama Kristen benar mempengaruhi psikis siswa yang berdampak bagi perkembangan spiritualitas anak dan relasidengan orang lain. Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen, Psikis,Guru,Anak.ABSTRAK INDRIANI RIMMAN MALINO dengan NIRM 1020196883, Jurusan Pendidikan Agama Kristen, menyusun skripsi ini dengan judul Studi Kasus Penerapan Wajib Belajar Pendidikan Agama Kristen Terhadap Psikis Siswa Non Kristen Di Salah Satu SMP Yayasan Kristen Toraja Utara. Di bawah bimbingan Dr. Calvin Sholla Rupa, M.Th. dan Dr. Syani Bombongan Rante Salu, M.Pd.K. Psikis memiliki peran yang sangat penting secara khusus terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, dengan sekolah mewajibkan siswa Non Kristen untuk belajar Pendidikan Agama Kristen akan memberikan pengaruh bagi psikis siswa. Psikis merupakan jiwa seseorang, dan ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya problem psikis pada individu yaitu lingkungan sekolah, faktor hereditas, lingkungan keluarga, dan teman sebaya. Sekolah yang mewajibkan siswa Non Kristen untuk belajar Pendidikan Agama Kristen dapat mempengaruhi psikis siswa, hal inilah yang terjadi pada siswa Non Kristen di salah satu sekolah Yayasan Kristen di Toraja Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan kajian pustaka. Dari hasil penelitian ini, maka dapat dikatakan bahwa sekolah yang mewajibkan siswa Non Kristen belajar Pendididan Agama Kristen benar mempengaruhi psikis siswa yang berdampak bagi perkembangan spiritualitas anak dan relasidengan orang lain. Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen, Psikis,Guru,Anak.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Kristen, Psikis,Guru,Anak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:57
Last Modified: 30 Jul 2024 10:16
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item