Implementasi Nilai-nilai Kristiani di Kalangan Guru PAK Se-Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur

Nixon, Raymond Hard (2014) Implementasi Nilai-nilai Kristiani di Kalangan Guru PAK Se-Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
raymond_hd.pdf

Download (263kB)
[img] Text
raymond_kp.pdf

Download (150kB)
[img] Text
raymond_bab_1.pdf

Download (285kB)
[img] Text
raymond_bab_2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
raymond_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
raymond_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
raymond_bab_5.pdf

Download (40kB)
[img] Text
raymond_dp.pdf

Download (97kB)
[img] Text
raymond_cv.pdf

Download (25kB)

Abstract

Guru PAK dipanggil untuk mengimplementasikan nilai-nilai Kristiaani dalam menghadapi kemajemukan beragama. Tulisan ini dibimbing oleh dua dosen pembimbing: 1. Selvianti. 2. Pdt. A. Kabanga. Dalam pengamatan penulis ada beberapa guru yang masih enggan dalam menyatakan nilai-nilai kristiani dalam kemajemukan beragama disekolah, demikian juga peserta didik yang beragama kristen belum dapat menciptakan kerukunan dalam situasi kemajemukan yang mereka alami di sekolah. Terhadap masalah itu penulis menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kwualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Peran guru PAK se-Kecamatan Mangkutana dalam mengimplementasikan nilai-nilai Kristiani menghadapi kemjemukan beragama tidak berpengaruh signifikan baik terhadap sikap dan karakter anak didik di sekolah, maupun terhadap kemajemukan beragama Beberapa saran yang penulis paparkan untuk diperhatikan oleh Guru Pendidikan Agama Kristen se-Kecamatan Mangkutana : Pertama, di sekolah guru maupun murid terdiri dari latar belakang yang berbeda baik status sosial, budaya, maupun agama. Karena itu guru PAK hendaknya menjadi contoh teladan, motivator maupun sebagai agen sdsialisai dalam mengimplementasikan nilai-nilai Kristiani menghadapi kemajemukan beragama sebagai sebuah kesaksian iman. Kedua, peneliti melihat perlu ada sebuah studi serupa dikembangkan sebagai upaya menciptakan kerukunan hidup antar peserta didik dalam menghadapi kemajemukan beragama yang mereka alami di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 14 Feb 2025 10:04
Last Modified: 14 Feb 2025 10:04
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4378

Actions (login required)

View Item View Item