Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII SMP Kristen Madandan Tana Toraja

Anis, Anis (2023) Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII SMP Kristen Madandan Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
file 1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
file 2.pdf

Download (440kB)
[img] Text
file 3.pdf

Download (438kB)
[img] Text
file 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
file 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
file 6.pdf

Download (143kB)
[img] Text
file 7.pdf

Download (278kB)

Abstract

Kurangnya minat belajar siswa akan mempengaruhi prestasi belajar mereka. Di dalam kelas ditemukan beberapa masalah seperti banyak siswa yang suka bermain sendiri, jalan-jalan, berbicara dengan teman, dan tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi. Selain itu dalam proses pembelajaran, siswa kurang memperhatikan solusi guru, sehingga ketika guru memberikan pekerjaan rumah, siswa kurang antusias untuk bekerja, kurang aktif, kurang berani mengemukakan pendapat, dan bertanya. Kondisi ini membuat pembelajaran menjadi monoton, siswa cepat bosan. Tujuan penelitian yaitu untuk menemukan hasil peningkatan belajar siswa di kelas VII SMP Kristen Madandan. metode representasi adalah merepresentasikan terjadinya suatu peristiwa atau objek tentang terjadinya perilaku yang diilustrasikan agar siswa benar-benar mengetahui dan memahaminya. Metode peneltian ini menggunakan pendekatanhkualitatif danhjenis penelitian inihadalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yakni perencanaan tidakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakanhobservasi, pree tes Hasil analisis data pada Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan preatsi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Kristen kelas VII SMP Kristen Madandan Tana Toraja. Hal iniddilihatdpadadsiklus I pertemuan I dandpertemuan II masihdbanyak siswa yang mendapatkan kriteria yang diiginkan, kemudian padadsiklus II pada pertemuan I dan II dapat dikatakan berhasil karena sudah terjadi perubahan. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Prestasi, Belajar.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:25
Last Modified: 30 Jul 2024 10:12
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item