Marrung, Roby and Paorongan, Paorongan (2014) Analisis tentang Dampak Stigmasisasi Guru dalam Proses Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Makale. Institut Agama Kristen Negeri Toraja, Repository IAKN Toraja. (Unpublished)
![]() |
Text
roby_kp.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
roby_bab_1.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
roby_bab_2.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
roby_bab_3.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
roby_bab_4.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
roby_bab_5.pdf Download (5kB) |
![]() |
Text
roby_dp.pdf Download (124kB) |
Abstract
Stigmasisasi; Analisis dampak stigmasisasi guru dalam proses pembentukan karakter siswa di SMP N 2 Makale merupakan suatu persoalan yang sangat penting untuk diteliti. Mengingat Anak merupakan aset yang menentukan kelangsungan hidup, kualitas dan kejayaan suatu bangsa di masa mendatang. Bangsa yang disebut sebagai bangsa yang hebat adalah bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas manusia tidak hanya ditentukan dari segi kuantitas dan pengetahuan yang hebat tetapi juga sangat ditentukan oleh karakter yang baik. Undang-undang Dasar 1945 secara jelas mengungkapkan akan harapan dan tujuan pendidikan nasional, yaitu cerdas dan bermartabat. Cerdas adalah memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, sementara bermartabat adalah memiliki karakter dan pribadi yang baik. Dalam mewujudkan tujuanyang mulia tersebut, ada berbagai cara yang sudah dan sementara dilakukan. Pendidikan karakter bangsa yang merupakan value kurikulum 2013 merupakan usaha nyata yang dilakukan dalam mewujudkan cita-cita bangsa tersebut. Namun disadari atau tidak pendidikan karakter bukanlah hal yang baru dikalangan pendidikan. Pendidikan karakter tidak membutuhkan teori yang banyak melainkan praktek lansung dalam kehidupan sehari-hari. Seperti apa kita memperlalakukan orang lain maka kita sedang membentuk dan membangun karakter orang tersebut. Jika kita sering memberi stigma negatif pada seseorang maka sesungguhnya kita sedang membangun dan membentuk pribadi yang selalu melihat dirinya secara negatif pula bahkan mendorong mereka untuk bertindak dan berprilaku negatif. Dalam dunia pendidikan ketika seorang guru memberi stigma negatif pada nara didiknya maka sesungguhnya ia membangun dan membentuk karakter negatif pada diri anak itu. Dan terkadang juga bahwa ketika kita memberi stigma yang salah pada anak dan anak yang bersangkutan tidak setuju dengan pandangan yang kita berikn anak akan melakukan pemberontakan dengan cara meningkatkan frekuensi tingkat kenakalan mereka. Kata kunci: Karakter, Stigma.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 19:51 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 19:51 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |