Suardana, I Made and Tandung, Yusky Tangki Rante (2014) Analisis Kompetensi Sosio Kultural Guru Pendidikan Agama Kristen Tingkat SMA Berdasarkan Teladan Yesus dalam Injil Lukas di rantepao. Institut Agama Kristen Negeri Toraja, Repository IAKN Toraja. (Unpublished)
![]() |
Text
made_hd.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
made_kp.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
made_bab_1.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
made_bab_2.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
made_bab_3.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
made_bab_5.pdf Download (5kB) |
![]() |
Text
made_bab_4.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
made_dp.pdf Download (196kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul Analisis Kompetensi Sosio-Kultural Guru Pendidikan Agama Kristen Tingkat SMA Berdasarkan Teladan Yesus yang dilaksanakan di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara adalah upaya menganalisis keberadaan guru PAK yang mengajar di SMA di Rantepao. Analisis difokuskan pada kompetensi sosio kultural Guru PAK dalam membelajarkan peserta didik. Analisis tersebut dilatarbelakangi adanya asumsi bahwa peran guru PAK dalam mendidik siswa cenderung belum menyentuh realitas hidup yang sesungguhnya yang senantiasa menjadi pergumulan para siswa setiap hari, baik di tengah keluarga, dimasyarakat, juga di sekolah. Guru PAK lebih fokus pada penyelesaian materi ajar dalam capaian kurikulum yang berlaku. Ruang pemberdayaan kecakapan multikultural bagi peserta didik belum serius digumuli. Dalam hal ini, peran guru PAK sangat mendasar dalam membangun kecakapan sosio kultural bagi pengembangan kecakapan multikultural peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman guru-guru PAK di Rantepao tentang kompetensi sosio-kultural dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen di sekolah? Serta bagaimana pengimplementasian kompetensi sosio-Kultural guru- guru pendidikan agama Kristen di Rantepao dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen di sekolah? Penelitian ini dikerjakan dengan mengunakan pendekatan kualitatif, dengan pengambilan data melalui teknik wawancara dan observasi. Ada sejumlah guru PAK yang diwawancarai dan diobservasi kegiatan pembelajaran PAK di Sekolah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Guru-guru PAK di Rantepao dalam panggilannya sebagai pendidik agama Kristen telah memiliki pemahaman yang memadai tentang konteks sosio-kultural yang terintegral dalam keutuhan diri sebagai pendidik. Hal itu terbukti dengan keberadaan guru PAK di Kecamatan Rantepao yang telah dimaksimalkannya proses pembelajaran PAK sebagai keutuhan hidup keberimanan kepada Yesus Kristus sebagai sumber pembelajaran PAK. Dalam pengimplementasian kompetensi sosio-kultural dalam praksis pembelajaran PAK di sekolah, guru-guru PAK di Rantepao terbukti telah mengerjakan pengalaman pembelajaran PAK yang mengedepankan prinsip otoritas dan totalitas hidup takut akan Tuhan, mengedepankan pembelajaran PAK sebagai dinamika pembelajaran kehidupan yang dikaryakan seutuhnya bagi pemberdayaan, pemulihan, serta perjumpaan dalam kepelbagaian sebagai realitas keberimanan di dalam Yesus Kristus.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 19:11 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 19:11 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |