Penerapan Model Pembelajar Inquiri dengan Menggunakan Media Video Animasi dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V di SDN Negeri 150 Perindingan

Suba, Mersi (2023) Penerapan Model Pembelajar Inquiri dengan Menggunakan Media Video Animasi dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V di SDN Negeri 150 Perindingan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
mersi_similarity_index.pdf

Download (101kB)
[img] Text
mersi_kp.pdf

Download (443kB)
[img] Text
mersi_bab_1.pdf

Download (718kB)
[img] Text
mersi_bab_2.pdf

Download (896kB)
[img] Text
mersi_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text
mersi_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
mersi_bab_5.pdf

Download (491kB)
[img] Text
mersi_dp.pdf

Download (398kB)

Abstract

Inquiri adalah cara penyampaian mata pelajaran yang banyak melibatkan siswa dalam proses mental dalam rangka penemuannya dan metode mengajar yang memberi kesempatan pada siswa untuk menemukkan sendiri pemecahan permasalahan atas dasar pemikiran dan pengamatannya. Media video pembelajaran yang dipilih juga harus mampu melibatkan mental siswa dalam proses belajar. Siswa yang terlibat secara intensif dengan media video dan materi pelajaran yang ada dalamnya akan belajar lebih mudah dan mampu mencapai kompetensi yang diinginkan. Animasi adalah suatu proses dalam dunia pendidikan berperan sebagai media pembelajaran yang menarik. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana penulis menerapkan secara langsung proses pembelajaran dengan menggunakan media video animasi dalam proses pembelajaran sambil melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas V di SDN 150 Perindingan berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Peningkatan pra siklus ke siklus I sebesar 6%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 24%. Kata kunci: pembelajaran inquiri; media video animasi; keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran inquiri; media video animasi; keaktifan siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 24 Feb 2024 19:11
Last Modified: 30 Jul 2024 10:09
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item