Milka, Milka (2014) Implementasi Etos Keguruan sebagai Ibadah dalam Proses Pembelajaran di SMP Kristen Kandora. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
milka_hd.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
milka_kp.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
milka_bab_1.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
milka_bab_2.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
milka_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
![]() |
Text
milka_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
![]() |
Text
milka_bab_5.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
milka_dp.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
milka_lp.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
milka_cv.pdf Download (29kB) |
Abstract
Milka, 20092909, judul Skripsi: “Implementasi Etos Keguruan sebagai Ibadah Dalam Proses Pembelajaran di SMP Kristen kandora. Dibimbing oleh Dr. Maidiantius Tanyid, M.Th dan Fajar Kelana, S.Th. Tidak dapat disangkal bahwa sebagian guru tidak melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pendidik dan pengajar dengan baik. Berbagai alasan yang dimunculkan guru ketika ditanya dalam hal kinerja. Dari masalah tersebut muncul pertanyaan dimana bagaimana guru memaknai tugasnya dan tanggungjawabnya bahwa hal itu adalah ibadah yang harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan yang memberi mandat dan kepada pemerintah yang telah memberi kepercayaan untuk mendidik peserta didik menjadi manusia yang dewasa dan mandiri. Hal ini tentu menggelisahkan banyak pihak khususnya bagi pemerhati pendidikan dan hal ini juga menjadi kegelisahan penulis, oleh karena itu penulis mencoba mencari bagaimana implementasi etos keguruan sebagai ibadah. Penulis mencoba meneliti bagaimana implementasi etos keguruan sebagai ibadah. Sebagian guru memahami bahwa mengajar hanyalah sebatas mentransfer ilmu kepada peserta didik tanpa memahami bahwa mengajar adalah ibadah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Sebagai guru perlu berbeda dari orang lain karena profesi guru tidak sama dengan tugas yang lain. Pandangan di atas mendorong penulis untuk meneliti sejauh mana guru memahami etos keguruan sebagai ibadah diimplementasikan dalam proses pembelajaran dan kehidupan guru setiap hari. Penulis melakukan penelitian di SMP Kristen Kandora. Penulis melakukan penelitian dengan metode kualitatif. Oleh karena itu, sangat menarik untuk mengkaji dan memberi penilaian terhadap hasil penelitian yang dilakukan bagaimana guru telah mengimplementasikan etos keguruan sebagai ibadah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberi gambaran umum tentang cara guru mengimplementasikan etos keguruan sebagai ibadah.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 28 Jan 2025 21:37 |
Last Modified: | 28 Jan 2025 21:37 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |