Sa'bi, Asmiwati (2011) Tinjauan Teologis-Praktis terhadap Pemahaman Guru tentang Perannya sebagai Konselor dalam Hubungannya dengan Tingkah Laku Peserta Didik di SMA Negeri 1 Seko. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
asmiwati_hd.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
asmiwati_kp.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
asmiwati_bab_1.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
asmiwati_bab_2.pdf Download (810kB) |
![]() |
Text
asmiwati_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
![]() |
Text
asmiwati_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
Text
asmiwati_bab_5.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
asmiwati_dp.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
asmiwati_cv.pdf Download (109kB) |
Abstract
Asmiwati Sa 'bi : Judul: Tinjauan Teologis - Praktis Terhadap Pemahaman Guru Tentang Perannya Sebagai Konselor Dalam Hubungannya Dengan Tingkah Laku Peserta Didik di SMA Negeri 1 Seko Guru merupakan suatu profesi yang membutuhkan keahlian khusus dan tidak semua orang bisa melakukannya. Seorang guru memiliki peranan yang besar untuk membentuk peserta didik ke arah yang lebih baik. Dalam melakukan tugas sebagai guru ada beberapa peran yang harus dilakukan, salah satunya adalah sebagai konselor. Guru sebagai konselor adalah seorang yang dipercaya untuk menolong peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang dialami peserta didik sehingga peserta didik mengalami perubahan tingkah laku yang lebih baik. Tugas sebagai konselor harus dilaksanakan dengan sukarela, penuh dengan kesabaran, perlu pengorbanan, ketulusan, dan terlebih mengandalkan Tuhan yang berkuasa untuk melakukan segala sesuatu. Dengan demikian apa yang menjadi tujuan bisa tercapai dengan baik. Dalam penelitian yang penulis lakukan di SMA Negeri 1 Seko menunjukan bahwa guru-guru yang ada di SMA Negeri 1 Seko sangat memahami perannya sebagai konselor, yaitu konselor adalah seorang yang berusaha untuk menolong peserta didik yang bermasalah agar keluar dari masalah itu dan peserta didik dapat mengalalmi perubahan tingkah laku yang lebih baik, namun pemahaman itu tidak dapat mengubah tingkah laku peserta didik karena masih ada perilaku peserta didik yang tidak baik. Guru SMA Negeri 1 Seko harus melakukan pemnya sebagai konselor dengan sebaik-baiknya.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 14:10 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 14:10 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |