Kapurung, Maria (2024) Kajian tentang Pendidikan Harmoni dalam Budaya Rambu Solo Rapasan Sapu Randanan Masyarakat Toraja di Tondon. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
maria_skpp.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
maria_hd.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
maria_kp.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
maria_bab_1.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
maria_bab_2.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
maria_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text
maria_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
![]() |
Text
maria_bab_5.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
maria_dp.pdf Download (240kB) |
Abstract
MARIA KAPURUNG (2024). Kajian Tentang Pendidikan Harmoni dalam Budaya ,Rambu Solo Rapasan Sapu Randanan Masyarakat Toraja ,di Tondon. Program Studi Pendidikan Agama Kristen. Institut Agama Kristen Negeri Toraja (IAKN) Toraja. Permasalahan dalam aspek kehidupan manusia dalam kelurga perlu dibangun melalui pendidikan harmoni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan harmoni dalam budaya rambu solo’ sebagai wadah pemersatu kehidupan kekeluargaan lingkup sosial dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan kualitatif untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kajian pendidikan harmoni dalam budaya rambu solo’ rapasan sapu randanan di Tondon. Sehingga diharapkan akan memperoleh informasi-informasi yang diperoleh selama melakukan penelitian. Teknik pengambilan data adalah observasi lapangan, wawancara dan tidak lepas dari kajian pustaka sebagai penunjang hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upacara rambu solo’ rapasan sapu randanan menghadirkan konsep pendidikan harmoni yang terkandung didalamnya relasi kebersamaan antar sesama manusia melalui nilai nilai sosial dan moral dalam hal toleransi, penerimaan dan mewujudkan kasih, relasi dengan Tuhan dan kecintaan terhadap budaya. Kata Kunci : Pendidikan Harmoni, upacara rambu solo’ dan Budaya ABSTRACT MARIA KAPURUNG (2024). Study of Harmony Education in the Culture of Rambu Solo Rapasan Sapu Randanan of the Toraja Community, in Tondon. Christian Religious Education Study Program. Toraja State Christian Institute (IAKN) Toraja Problems in aspects of human life in the family need to be built through harmony education. This study aims to determine the role of harmony education in the rambu solo' culture as a unifying forum for family life in the social and community spheres. The research method used is qualitative to provide a clear picture of the study of harmony education in the rambu solo' rapasan sapu randanan culture in Tondon. So that it is expected to obtain information obtained during the research. Data collection techniques are field observation, interviews and inseparable from literature studies as supporting research results. The results of the study show that the rambu solo' rapasan sapu randanan ceremony presents the concept of harmony education contained in it the relationship of togetherness between fellow human beings through social and moral values in terms of tolerance, acceptance and realizing love, relationships with God and love for culture.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 14:31 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 14:31 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4044 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |