Bura, Albertin Sangga (2009) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Menurunnya Prestasi Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PAK di SDN No. 274 Inpres Tanete. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
albertin_hd.doc Download (107kB) |
|
Text
albertin_kp.doc Download (68kB) |
|
Text
albertin_bab_1.doc Download (43kB) |
|
Text
albertin_bab_2.doc Download (183kB) |
|
Text
albertin_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text
albertin_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
albertin_bab_5.doc Download (68kB) |
|
Text
albertin_lp.doc Download (153kB) |
|
Text
albertin_cv.doc Download (18kB) |
Abstract
Albertin Sangga Bura, Judul Skripsi; faktor-faktor yang mempengaruhi menurunnya prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PAK di SDN No. 274 Inpres Tanete Kecamatan Sangalla’ Utara Kabupaten Tana Toraja. Latar belakang dari pengambilan topik tersebut di atas adalah merupakan sebuah refleksi pribadi atas pengalaman sehari-hari sebagai seorang pengajar pada Sekolah Dasar Negeri No. 274 Inpres Tanete. Prestasi belajar adalah merupakan sebuah capaian yang diharapkan oleh setiap orang, keinginan untuk melihat anak didik memiliki prestasi belajar yang baik di sekolah adalah merupakan keinginan setiap orang tua dan guru. Kondisi yang dialami oleh Sekolah Dasar Negeri Tanete ini memiliki prestasi yang semakin berkurang oleh kerena itu keinginan untuk mencari tahu penyebab menurunnya prestasi belajar menjadi tantangan tersendiri bagi penulis untuk mencari tahu penyebab permasalah tersebut. Dari upaya tersebut di atas setelah mengadakan penelitian lapangan maka didapatkan beberapa persoalan yang kemudian turut mempengaruhi menurunnya prestasi belajar anak, faktor lingkungan, masyarakat, keluarga, pengaruh IPTEK. Penting dalam upaya meningkatkan prestasi belajar, rendahnya sumber daya manusia yang dimiliki orang tua turut pula berpengaruh terhadap prestasi belajar anak di sekolah oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan prestasi berlajar anak didik adalah merupakan tugas semua orang baik guru terlebih orang tua. Bagaimanapun orang tua adalah pilar utama dalam pendidikan anak yang berbasis rumah. Orang tua tidak harus menggantungkan sepenuhya tanggungjawab pendidikan kepada guru di sekolah meski demikian komunikasi antara orang tua dan anak serta guru (Komunikasi segitiga) perlu untuk dibina dan ditingkatkan. Komunikasi orang tua dan guru akan sangat penting ketika orang tua mampu mengkomunikasikan perkembangan kepribadian sang anak ketika di luar sekolah. Faktor lain yang menyebabkan menurunnya prestasi belajar anak adalah rendahnya motivasi diri yang tumbuh dalam diri anak, dibarengi dengan semakin meningkatnya pengaruh IPTEK dan berbagai tayangan televisi yang membuat anak tidak lagi memperhatikan pendidikan secara serius. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan prestasi belajar anak diperlukan kerja keras dari orang tua sebagai pendidik berbasis rumah dan guru sebagai pendidik formal untuk semakin memberi motivasi tidak hanya sekedar menyuruh akan tetapi mendampingi anak dan menegakkan disiplin waktu bagi anak, membangun komunikasi antara orang tua dan guru juga sangat penting dilakukan dalam rangka bertukar pikiran tehadap perkembangan anak, memberi stimulus bagi anak seperti surprise terhadap prestasi belajar diyakini akan membantu dalam rangka mendorong motivasi diri dari anak, dan jika demikian dari waktu ke waktu motivasi belajar anak akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 15:28 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 15:28 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3688 |
Actions (login required)
View Item |