Analisis Minat Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Inquiry dalam Pembelajaran PAK Kelas IV di SDN 103 Makale 6

Rede, Nova (2022) Analisis Minat Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Inquiry dalam Pembelajaran PAK Kelas IV di SDN 103 Makale 6. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
rede_si.pdf

Download (545kB)
[img] Text
rede_kp.docx

Download (8kB)
[img] Text
rede_bab_1.docx

Download (21kB)
[img] Text
rede_bab_2.docx

Download (31kB)
[img] Text
rede_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text
rede_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
rede_bab_5.pdf

Download (487kB)
[img] Text
rede_dp.pdf

Download (436kB)

Abstract

Nova Rede: “Analisis Minat Belajar Peserta Didik dalam Menggunakan Metode Inquiry pada Pembelajaran PAK kelas IV di SDN 103 Makale 6“ yang dibimbing oleh bapak I Made Suardana, M.Th sebagai pembimbing 1 dan bapak Rinaldus Tanduklangi, M.Pd sebagai pembimbing 2. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik dimana, peserta didik kurang aktif dan tidak mandiri dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat pada ketertarikan belajar, perhatian peserta didik, motivasi belajar serta pengetahuan dalam mengikuti peoses pembelajaran. Dalam penelitian ini, yang menjadi tujuan penelitian penulis ialah bagaimana analisis minat belajar peserta didik dalam menggunakan metode inquiry pada pembelajaran PAK kelas IV di SDN 103 Makale 6. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi yang di dalamnya berisi indikator minat belajar peserta didik, pemberian tes, lembar pernyataan, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar peserta didik di SDN 103 Makale 6 khusunya pada kelas IV dikatakan berhasil apabila mencapai pada nilai 85%. Penelitian tesebut dilaksanakan dalam 2 siklus, sebelum merapakan metode inquiry nilai rata-rata peserta didik 68% dan pada saat penerapan metode inquiry pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76% yang mengalami kenaiakan 8% dari sebelum penerapan metode dan sesudah melaksanakan siklus I. Siklus II memperoleh nilai rata-rata 88% dengan peningkatan minat belajar peserta didik sebanyak 11% dari siklus I ke siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapakan metode inquiry dalam pembelajaran Pendidikan agama Kristen khusunya pada kelas IV dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry, Minat Belajar, Pembelajaran PAK SDN 103 Makale 6
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 26 Feb 2024 11:04
Last Modified: 30 Jul 2024 09:21
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item