Kedisiplinan Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar

Patabang, Maria (2009) Kedisiplinan Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
maria_hd.doc

Download (119kB)
[img] Text
maria_kp.doc

Download (55kB)
[img] Text
maria_bab_1.doc

Download (63kB)
[img] Text
maria_bab_2.doc

Download (312kB)
[img] Text
maria_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
maria_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text
maria_dp.doc

Download (23kB)
[img] Text
maria_lp.doc

Download (64kB)
[img] Text
maria_cv.doc

Download (7kB)

Abstract

Maria Patabang, 2009. Dalam skripsi yang berjudul “Kedisiplinan orang tua dalam membimbing anak untuk belajar di rumah terhadap Prestasi Belajar” dengan subjudul “ Suatu Study Penelitian Bidang Study Agama Kristen di Sekolah SD KARTIKA VII-9 Palopo tahun ajaran 2008/2009 yang diajukan kepada Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja. Skripsi ini bertujuan untuk dapat mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan orang tua dalam membimbing anak untuk belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Kristen kelas V di SD KARTIKA VII-9 Palopo tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini adalah penelitian tes eksperimen dengan rancangan analisis komparatif, populasinya adalah siswa kelas V SD KARTIKA VII-9 Palopo yang berjumlah 150 orang dengan sampel sebanyak 50 orang. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa pengaruh kedisiplinan orang tua dalam membimbing anak untuk belajar di rumah di kalangan siswa kelas V SD KARTIKA VII-9 Palopo tahun ajaran 2008/2009, mayoritas tergolong tinggi. Prestasi belajar siswa kelas V SD KARTIKA VII-9 Palopo tahun ajaran 2008/2009 juga mayoritas tergolong tinggi dalam bidang studi PAK, hasil penelitian berikutnya adalah mayoritas siswa kelas V SD KARTIKA VII-9 Palopo tahun ajaran 2008/2009 lebih menguasai materi pelajaran yang disampaikan dengan tidak adanya kedisiplinan orang tua dalam membimbing anak untuk belajar di rumah. Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara kedisiplinan orang tua membimbing anak untuk belajar siswa karena semakin sering orang tua membimbing anak untuk belajar di rumah semakin tinggi pula prestasi belajar di kalangan SD KARTIKA VII-9 Palopo.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 09 Dec 2024 18:28
Last Modified: 09 Dec 2024 18:28
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3555

Actions (login required)

View Item View Item