Analisis Kompetensi Pedadogis Guru PAK dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMPN 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

Tandi Limbong, Jeni (2023) Analisis Kompetensi Pedadogis Guru PAK dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMPN 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
jeni_similarity.pdf

Download (188kB)
[img] Text
jeni_kata_pengantar_bab_1.pdf

Download (647kB)
[img] Text
jeni_bab_2.pdf

Download (935kB)
[img] Text
jeni_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
jeni_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
jeni_bab_5.pdf

Download (498kB)
[img] Text
jeni_daftar_pustaka.pdf

Download (364kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan perubahan kurikulum yang memberikan peningkatan dan pengembangan kemampuan guru dalam mengajar. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki oleh guru profesional. Adapun yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini didasarkan pada hasil observasi dan wawancara awal yang penulis lakukan di SMPN 2 Rantepao. Sebagaimana hasil pengamatan setelah penerapan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka, bahwa tidak semua tenaga pendidik siap dengan adanya perubahan sehingga membuat beberapa tenaga pendidik harus berupaya mengunakan kemampuan yang dimilikinya untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut. Adapun tujuan penelitian yaitu menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam dalam penerapan kurikulum merdeka di SMPN 2 Rantepao. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan kurikulum merdeka belajar menjadi sebuah tantangan baru bagi guru selaku tenaga pendidik di sekolah, dalam penerapan kurikulum merdeka guru harus lebih kreatif dalam mengelolah pembelajaran sesuai dengan karakter siswa, guru harus mampu membuat modul ajar dan mengatur assessment penenilaian siswa. Kata kunci: kompetensi pedagogik, kurikulum merdeka, g uru.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, kurikulum merdeka, guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 23 Aug 2023 12:18
Last Modified: 30 Jul 2024 08:59
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item