Analisis Pembelajaran Agama dari Perspektif Moderasi Beragama di Kelas XI SMAN 9 Luwu

Ardilla, Meissiandani (2023) Analisis Pembelajaran Agama dari Perspektif Moderasi Beragama di Kelas XI SMAN 9 Luwu. Scholar thesis, IAKN Toraja.

[img] Text
similarity.pdf

Download (702kB)
[img] Text
Doc 2 KATA PENGANTAR DAN BAB 1.pdf

Download (495kB)
[img] Text
DOK 3 BAB 2.pdf

Download (451kB)
[img] Text
DOK 4 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
DOK 5 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
DOK 6 BAB 5.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DOK 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Skripsi ini disusun dengan latar belakang bahwa fenomena sikap intoleran antara umat beragama tidak hanya mencuat dalam kalangan masyarakat dewasa, tetapi juga terjadi di dunia pendidikan kalangan anak tingkat sekolah menengah atas, seperti memaksakan kehendak terhadap orang lain, tidak menghargai hak orang lain, dan membeda-bedakan orang lain berdasarkan ras, suku, dan agama. Sehingga memerlukan tindakan pencegahan melalui proses pembelajaran agama perspektif moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran agama dari Perspektif Moderasi Beragama.penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian tentang bagaimana pembelajaran agama dari perspektif moderasi beragama di SMAN 9 luwu kelas XI, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran agama Islam dan Kristen sudah mengajarkan moderasi beragama kepada siswa di sekolah, dengan menekankan keempat indikator yaitu toleransi, komitmen kebangsaan, anti kekerasan dan penerimaan budaya lokal. Namun dalam praktiknya belum secara maksimal mewujudkan moderasi beragama. Kata Kunci: Pembelajaran Agama, Moderasi Beragama.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: S.I.Pust sarmita sumule
Date Deposited: 23 Aug 2023 11:54
Last Modified: 30 Jul 2024 08:41
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item