Penggunaan Metode Example Non Example dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Tana Toraja

Tikadang, Eta (2023) Penggunaan Metode Example Non Example dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
eta_similarity.pdf

Download (188kB)
[img] Text
eta_kata_pengantar_bab_1.pdf

Download (517kB)
[img] Text
eta_bab_2.pdf

Download (625kB)
[img] Text
eta_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
eta_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
eta_bab_5.pdf

Download (457kB)
[img] Text
eta_daftar_pustaka.pdf

Download (386kB)

Abstract

ETA’ TIKADANG, “Penggunaan metode example non example dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 3 Tana Toraja”. Skripsi ini membahas penelitian tentang penggunaan metode example non example dalam pembelajaran PAK di kelas X SMA Negeri 3 Tana Toraja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penggunaan metode example non example dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 3 Tana Toraja. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 24 siswa. Objek dalam penelitian ini yaitu penggunaan metode example non example untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan metode example non example dalam pembelajaran ditemukan pada siklus I masih sangat kurang ditandai dengan yang masuk kedalam kategori tuntas hanya 7 orang atau hanya mencapi 29% siswa yang hanya meningkat kemampuan berpikir kritisnya sehingga pada siklus II sedikit mengubah strategi dengan membagi kelompok pro dan kontra sehingga dari hasil siklus II ini siswa yang tuntas mengalami peningkatan mencapai 21 siswa atau mencapai 71%. Maka dengan demikian, dapat penulis simpulkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa salah satu metode pembelajaran yang cocok ialah metode example non example.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Metode, example non example, berpikir kritis, siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: S.I.Pust sarmita sumule
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:23
Last Modified: 30 Jul 2024 11:19
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item