Analisis Pendampingan Guru PAK Terhadap Perkembangan Spiritualitas Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SLB Negeri 1 Tana Toraja

Bungamawelona, Bungamawelona (2023) Analisis Pendampingan Guru PAK Terhadap Perkembangan Spiritualitas Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SLB Negeri 1 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
bungamawelona_similarity_index.pdf

Download (337kB)
[img] Text
bungamawelona_kp.pdf

Download (305kB)
[img] Text
bungamawelona_bab_1.pdf

Download (593kB)
[img] Text
bungamawelona_bab_2.pdf

Download (620kB)
[img] Text
bungamawelona_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
bungamawelona_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
bungamawelona_bab_5.pdf

Download (442kB)
[img] Text
bungamawelona_dp.pdf

Download (417kB)

Abstract

BUNGAMAWELONA. Analisis Pendampingan Guru PAK Terhadap Perkembangan Spiritualitas Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SLB Negeri 1 Tana Toraja (dibimbing oleh Merry Adeng dan Sumiaty). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya spiritualitas anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB Negeri 1 Tanah Toraja. Salah satu cara untuk meningkatkan spiritualitas anak berkebutuhan khusus tunagrahita adalah dengan memberikan pendampingan kepada siswa tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana pendampingan guru PAK terhadap perkembangan spiritualitas anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tempat penelitian di SLB Negeri 1 Tana Toraja. Informan penelitian adalah guru PAK. Data sekunder dilakukan melalui studi pustaka yang teknik pengumpulan data dari berbagai bahan pustaka yang nantinya akan dijadikan bahan untuk dianalisis dan data primer dilakukan melalui pengamatan(Observasi) dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan penelitian. Teknis analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data. Jadwal penelitian dilakukan di bulan mei.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan guru PAK Terhadap perkembangan spiritualitas anak berkebutuhan khusus dengan cara membimbing dan memotivasi. Membimbing dengan cara mengajari siswa dari kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan, bukan memberi hukuman ketika mereka melakukan kesalahan. Memotivasi dengan cara memberikan semangat kepada siswa tunagrahita tersebut. Kata Kunci : Pendampingan, Perkembangan Spiritualitas, Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Perkembangan Spiritualitas, Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 28 Feb 2024 21:07
Last Modified: 30 Jul 2024 13:07
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item