Implementasi Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 9 Sangalla Utara

Datuan, Tian (2023) Implementasi Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 9 Sangalla Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
datuan_similarity_index.pdf

Download (38kB)
[img] Text
datuan_kp.pdf

Download (387kB)
[img] Text
datuan_bab_1.pdf

Download (654kB)
[img] Text
datuan_bab_2.pdf

Download (810kB)
[img] Text
datuan_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text
datuan_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
datuan_bab_5.pdf

Download (278kB)
[img] Text
datuan_dp.pdf

Download (529kB)

Abstract

Tian Datuan, 2023. Implementasi Metode Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN 9 Sangalla’ Utara, ( dibimbing oleh Agustinus Ruben dan Merry Adeng ). ​Pemilihan topik ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi penulis ketika berada di lokasi penelitian. Penulis melihat bahwa masih banyak siswa yang tidak konsentrasi dalam proses pembelajaran. Siswa tidak mau mendengar ketika diajar, siswa bermain ketika guru menjelaskan, anak tidak mampu menjawab ketika diberikan pertanyaan sekaitan dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan, rasa bosan siswa dapat menyebabkan rasa ngantuk sehingga menggangu konsentrasi mengikuti materi yang diberikan. ​Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar siswa melalui hasil implementasi diskusi kelompok pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas V SDN 9 Sangalla’ Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) Pengumpulan data adalah melalui observasi dan dokumentasi. ​Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi kelompok pada siklus I diperoleh data siswa 71,25% dikategorikan dalam kategori sedang . pada siklus II diperoleh hasil 79% dan dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi metode diskusi kelompok dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas V di SDN 9 Sangalla’ Utara. Kata Kunci : Implementasi , metode diskusi kelompok , konsentrasi belajar

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 28 Feb 2024 21:06
Last Modified: 30 Jul 2024 11:42
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item