Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe the Study Group dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK Kelas V di UPT SDN 13 Gandangbatu Sillanan

Nengsiani, Nengsiani (2023) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe the Study Group dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK Kelas V di UPT SDN 13 Gandangbatu Sillanan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
nengsiani_similarity_index.pdf

Download (48kB)
[img] Text
nengsiani_kp.pdf

Download (387kB)
[img] Text
nengsiani_bab_1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
nengsiani_bab_2.pdf

Download (572kB)
[img] Text
nengsiani_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
nengsiani_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
nengsiani_bab_5.pdf

Download (408kB)
[img] Text
nengsiani_dp.pdf

Download (396kB)

Abstract

NENGSIANI. Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe the study group dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAK kelas V di UPT SDN 13 Gandangbatu Sillanan (Dibimbing oleh Sumiaty dan Paulus Tangke ).Berdasarkan pengamatan penulis di kelas V UPT SDN 13 Gandangbatu Sillanan, bahwa ketidakaktifan siswa dalam proses pembelajaran disebabkan oleh tiga hal. (1) Siswa kurang bersemangat dalam belajar, (2) Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, (3) Cara guru memilih model pembelajaran kurang tepat. Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe the study group. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe the study group dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAK kelas V di UPT SDN 13 Gandangbatu Sillanan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian akan di laksanakan di kelas V UPT SDN 13 Gandangbatu Sillanan, berada di Kec. Gandangbatu Sillanan tepatnya di kelurahan Mebali Jarak jalan poros ke sekolah kira-kira 1km namun dapat dijangkau kendaraan umum, waktu penelitian di lakukan bulan oktober 2022 sampai juni 2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi, dengan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan analisis dokumen. Dalam hal ini teknik analisis data yang dilakukan ialah (1) reduksi data, (2) display data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe the study group pada siklus I diperoleh data nilai rata-rata siswa 75. Kemudian, pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 90. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe the study group pada mata pelajaran PAK dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V di UPT SDN 13 Gandangbatu Sillanan. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 28 Feb 2024 21:05
Last Modified: 30 Jul 2024 11:33
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item