Keteladanan Guru: Tinjauan Teologis-Praktis Mengenai Keteladanan Guru PAK terhadap Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 3 Bonggakaradeng, Kec. Bonggakaradeng, Kab. Tana Toraja

Mangoting, Junita Mili (2019) Keteladanan Guru: Tinjauan Teologis-Praktis Mengenai Keteladanan Guru PAK terhadap Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 3 Bonggakaradeng, Kec. Bonggakaradeng, Kab. Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
junita_hd.doc

Download (202kB)
[img] Text
junita_kp.doc

Download (68kB)
[img] Text
junita_bab_1.doc

Download (90kB)
[img] Text
junita_bab_2.doc

Download (428kB)
[img] Text
junita_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
junita_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
junita_bab_5.doc

Download (12kB)
[img] Text
junita_dp.doc

Download (24kB)
[img] Text
junita_lp.doc

Download (2MB)
[img] Text
junita_cv.pdf

Download (319kB)

Abstract

Junita Mili Mangoting (2015), menyusun skripsi dengan judul: Keteladanan Guru. Sub Judul: “Tinjauan Teologis Praktis Mengenai Pengaruh Keteladanan Guru PAK Terhadap Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 3 Bonggakaradeng, Kec.Bonggakaradeng, Kab. Tana Toraja”, yang diajukan kepada Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja. Pemilihan topik ini, dilatar belakangi oleh pengamatan penulis melihat penerapan keteladanan guru PAK di SMP Negeri 3 Bonggakaradeng yang cenderung kurang diperhatikan sehingga para peserta didik pun cenderung acuh tak acuh dalam belajar. Adanya siswa yang nakal, minat belajar yang kurang dan kepedulian antar peserta didik yang rendah. Seharusnya guru PAK memiliki standar kompetensi yang meliputi: memiliki integritas yang mantap, sifat jujur, adil, obyektif, berdisiplin dalam menjalankan tugas, memiliki kepribadian yang arif, berwibawa dan memiliki akhlak dan dapat menjadi teladan. Keteladanan yang dimaksud ialah keteladanan dalam berbagai aspek yaitu dalam hal kesopanan, berpakaian, bersikap, berperilaku, bertutur kata dan lainnya. Hal inilah yang mendorong penulis untuk ingin mengetahui bagaimana pengaruh keteladanan guru PAK terhadap karakter peserta didik di SMP negeri 3 Bonggakaradeng. Untuk mendapatkan data sehubungan dengan topik di atas, maka penulis melaksanakan penelitian dengan melakukan studi pustaka dan pendekatan kuantitatif yaitu dengan teknik observasi dan pemberian angket. Sebagai objek penelitian adalah jumlah sampel dari populasi dengan menggunakan rumus dari Tar o Yaman e atau Slovin adalah 75 orang dengan anggapan bahwa semua sampel homogen. Hasil observasi dan analisis data yang diolah dengan bantuan Statistical Product and Servise Solution (SPSS/V.21) memberikan gambaran bahwa Keteladanan guru PAK berpengaruh tetati sedang terhadap karakter peserta didik di SMP Negeri 3 Bonggakaradeng sebesar 17,2%. Semakin naik atau meningkat Keteladanan guru PAK, maka semakin meningkat atau naik karakter peserta didik di SMP Negeri 3 Bonggakaradeng.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 16 Jul 2024 11:13
Last Modified: 26 Jul 2024 13:40
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item