Ita, Ita (2014) Suatu Kajian Praktis tentang Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas I SD Kristen Makale 2. Diploma thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
ita_hd.doc Download (141kB) |
|
Text
ita_kp.doc Download (70kB) |
|
Text
ita_bab_1.doc Download (108kB) |
|
Text
ita_bab_2.doc Download (369kB) |
|
Text
ita_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text
ita_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text
ita_bab_5.doc Download (60kB) |
|
Text
ita_dp.doc Download (22kB) |
|
Text
ita_lp.doc Download (1MB) |
|
Text
ita_cv.doc Download (49kB) |
Abstract
ITA, Nirm 20103023 menyusun skripsi dengan judul: Suatu Kajian Praktis tentang Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran PAK Siswa Kelas I SD Kristen Makale 2. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara dan opservasi. Penulis menggunakan penelitian ini agar peneliti lebih dimudahkan untuk mendapatkan data yang terkait dengan penggunaan gambar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi siswa kelas I di SD Kristen Makale 2. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media gambar dalam proses belajar mengajar bagi siswa kelas I SD Kristen Makale 2 belum efektif karena dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode bercerita dan kurangnya penggunaan media termasuk media gambar meskipun guru mengetahui bahwa penggunaan gambar dalam proses belajar mengajar turut membantu dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan yang disampaikan oleh guru dapat dibantu dengan menghadirkan media secara khusus media gambar sebagai perantara, sebab kerumitan bahan pelajaran yang disampaikan kepada anak didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Sebab media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru jelaskan atau ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu, bahkan keabstrakan bahan dapat dikonkritkan dengan kehadiran media sebagai salah satu alat bantu dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian siswa akan lebih muda memahami atau mengerti pelajaran yang diajarkan oleh guru. Di akhir skripsi ini, penulis menyimpulkan bahwa kehadiran gambar dalam proses belajar sangatlah penting karena gambar merupakan salah satu media yang cocok digunakan dalam proses belajar mengajar bagi siswa Sekolah Dasar khusunya bagi siswa kelas I. Karena dengan adanya media gambar siswa lebih semagat belajar, cepat memahami dan itu akan berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Entri Data |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 14:26 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 14:26 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1552 |
Actions (login required)
View Item |