Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pelajaran PAK Kelas VIII SMPN 2 Buntu Pepasan

Bala Tondok, Amelda (2023) Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pelajaran PAK Kelas VIII SMPN 2 Buntu Pepasan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
amelda_file_1_checker-plagiasi.pdf

Download (224kB)
[img] Text
amelda_file_2_pengantar_bab_1.pdf

Download (696kB)
[img] Text
amelda_file_3_bab_2.pdf

Download (754kB)
[img] Text
amelda_file_4_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text
amelda_file_5_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
amelda_file_6_bab_5.pdf

Download (573kB)
[img] Text
amelda_file_7_daftar_pustaka.pdf

Download (498kB)

Abstract

Amelda Bala Tondok (1020196854), menyusun skripsi dengan judul “Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAK Kelas VIII SMP Negeri 2 Buntu Pepasan”. Skripsi ini ditulis dibawa bimbingan Algu Sambi Pabangke, M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Paulus Tangke, M.Pd sebagai pembimbing 2. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa yang dapat dilihat pada siswa yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, kurang memiliki ketertarikan terhadap pembelajaran, tidak berani, dan kurangnya kreativitas saat proses belajar-mengajar berlangsung, sehingga berdampak pada keaktifan belajar siswa pada prasiklus yaitu 86% yang belum memiliki keaktifan belajar . Dalam penelitian ini, yang menjadi tujuan penelitian penulis adalah untuk menerapkan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII di SMP Negeri 2 Buntu Pepasan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dimana pada siklus pertama indikator keberhasilan keaktifan belajar siswa yaitu 43% atau 6 siswa dan pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu 79% atau 11 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 2 Buntu Pepasan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, keaktifan belajar, pendidikan agama kristen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: m3 yulius p.
Date Deposited: 23 Aug 2023 05:33
Last Modified: 30 Jul 2024 13:20
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item