Marce, Septian (2023) Kajian Hermeneutik Poskolonial Yohanes 7:53-8:11 terhadap Kesetaraan Gender dan Implikasinya bagi GEPSULTRA Jemaat Zoar Pelambua. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
marce_similarity_index.pdf Download (726kB) |
|
Text
marce_kp.pdf Download (433kB) |
|
Text
marce_bab_1.pdf Download (742kB) |
|
Text
marce_bab_2.pdf Download (662kB) |
|
Text
marce_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text
marce_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text
marce_bab_5.pdf Download (463kB) |
|
Text
marce_dp.pdf Download (447kB) |
Abstract
Masalah kesetaraan gender masih menjadi fenomena dalam jemaat maupun masyarakat, dan kurangnya pemahaman mengenai kesetaraan dalam hal gender serta masih terpeliharanya ideologi kolonial menjadi pemicu terjadinya masalah dalam kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji mengenai hermeneutik postkolonial Yohanes 7:53-8:11 terhadap kesetaraan gender dan implikasinya bagi Gepsultra jemaat Zoar Pelambua. Dalam skripsi ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik penafsiran hermeneutik postkolonial dan penelitian di lapangan. Melalui penelitian ini diperoleh hasil bahwa sikap Yesus dalam kisah perempuan berzinah secara tidak langsung hendak memberikan pemahaman bahwa pada dasarnya Yesus sendiri yang menentang adanya praktik ketidaksetaraan gender, sehingga ketika terjadi hal serupa yakni kasus perzinahan hendaknya gereja secara khusus Gepsultra jemaat Zoar Pelambua mampu meneladani sikap Yesus yang menegakkan kesetaraan gender dan menolak berbagai praktik kekerasan baik secara fisik mapun psikis (kolonialisasi kesadaran).
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible |
Depositing User: | m3 yulius p. |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 08:04 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 14:37 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/865 |
Actions (login required)
View Item |