Kepercayaan kepada Debata Tiga Batu Tungku sebagai Pola Kepercayaan untuk lebih Memahami Ajaran Allah Tritunggal Yang Kontekstual di Mamasa

Abialtar, Abialtar (2021) Kepercayaan kepada Debata Tiga Batu Tungku sebagai Pola Kepercayaan untuk lebih Memahami Ajaran Allah Tritunggal Yang Kontekstual di Mamasa. Bia': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual. ISSN 2655-4682

[img] Text
185-1256-1-PB.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penulis memahami bahwa sistem kepercayaan Debata Tiga Batu Tungku pada suku To Salu di Mamasa dapat menjadi instrumen yang menarik untuk memahami sistem pengajaran atau doktrin Dewa Tritunggal dalam agama Kristen. Penelitian ini menemukan bahwa Debata Tiga Batu Tungku adalah simbol kehadiran Tuhan yang sama dalam agama Kristen untuk konteks Mamasa. Pertama, penulis meneliti sistem kepercayaan Debata Tiga Batu Tungku dan artinya bagi kehidupan suku To Salu di Mamasa. Kedua, penulis menelusuri tanggapan para penginjil yang hadir dan membawa ajaran-ajaran Allah Tritunggal dalam konteks itu. Ketiga, menganalisis sistem pengajaran Debata Tiga Tungku dengan perspektif para teolog yang relevan. Metode penelitian dalam tulisan ini adalah kualitatif. Penulis mengumpulkan data yang dibutuhkan melalui kajian literatur yang berkaitan dengan doktrin Allah Tritunggal, teologi kontekstual dan lain sebagainya. Mengadakan observasi mendalam disertai wawancara dengan pihak pribumi. Doktrin Debata Tiga Batu Tungku membantu dalam memahami ajaran tentang Allah Tritunggal yang kontekstual dan alami. Atribut Allah dalam Alkitab dengan jelas diilustrasikan melalui analisis sistem doktrin yang dimaksud

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: pd andarias manting
Date Deposited: 20 Nov 2021 11:19
Last Modified: 07 Mar 2024 13:49
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item View Item