Allo, Deni Yanto Birrang (2025) Analisis Etnopedagogi tentang Inisiasi Pendidikan Masyarakat Toraja dalam Tongkonan Layuk dan Relevansinya bagi Penguatan Pendidikan Nilai masa kini. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
deni_skpp.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
deni_hd.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
deni_kp.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
deni_bab_1.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text
deni_bab_2.pdf Download (558kB) |
![]() |
Text
deni_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
![]() |
Text
deni_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) | Request a copy |
![]() |
Text
deni_bab_5.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
deni_dp.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
deni_lp.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
deni_lp2.pdf Download (781kB) |
![]() |
Text
deni_cv.pdf Download (301kB) |
Abstract
Deni Yanto Birrang Allo (1020218850), skripsi dengan judul “Analisis Etnopedagogi tentang Inisiasi Pendidikan Masyarakat Toraja dalam Tongkonan Layuk di Malimbong dan Relevansinya bagi Penguatan Pendidikan Nilai Kristiani Masa Kini.” Pendidikan Etnopedagogi bertujuan untuk menghasilkan generasi yang memiliki watak serta moral yang baik. Tongkonan Layuk bukan hanya sebagai lambang kekuasaan, tetapi juga sebagai tempat berlangsungnya pembinaan dalam keluarga maupun masyarakat, yang diwujudkan dalam berbagai pengajaran dan ritus-ritus tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Inisiasi Pendidikan Masyarakat Toraja dalam Tongkonan Layuk di Malimbong dan Relevansinya bagi Penguatan Pendidikan Nilai Masa Kini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Malimbong sudah mengenal berbagai tahapan pengajaran yang dipraktekkan dalam berbagai praktik budaya, mulai dari pendidikan Pranatal sampai pada pendidikan usia dewasa, yakni ditambukan, dipakarrak, ditamman na dilolloan, diulelleran, ma’ puang, diben pepasan dan tioton. Kata Kunci: Etnopedagogi, Tongkonan Layuk, Inisiasi, Pendidikan, Nilai Kristiani. ABSTRACT Deni Yanto Birrang Allo (1020218850), thesis entitled "Ethnopedagogical Analysis of Toraja Community Education Initiation in Tongkonan Layuk in Malimbong and Its Relevance for Strengthening Christian Values Education Today." Ethnopedagogical Education aims to produce a generation that has good character and morals. Tongkonan Layuk is not only a symbol of power, but also a place for fostering in the family and society, which is manifested in various teachings and certain rites. This study aims to analyze the Toraja Community Education Initiation in Tongkonan Layuk in Malimbong and Its Relevance for Strengthening Christian Values Education Today. The research method used in this study is a qualitative descriptive method. The results of the study indicate that the Malimbong community is already familiar with various forms of teaching that are practiced in various cultural practices, ranging from prenatal education to adult education. Namely ditambukan, dipakarrak, ditamman na dilolloan, diulelleran, ma’ puang, diben pepasan and tioton. Keywords: Ethnopedagogy, Tongkonan Layuk, Initiation, Education, Christian Values.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias m. |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:59 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |