Analisis Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Tradisi sisemba' dan Implikasinya bagi Masyarakat di Lembang Paonganan

Erianto, Jhemi (2025) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Tradisi sisemba' dan Implikasinya bagi Masyarakat di Lembang Paonganan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
jhemi_skpp.pdf

Download (75kB)
[img] Text
jhemi_hd.pdf

Download (265kB)
[img] Text
jhemi_kp.pdf

Download (306kB)
[img] Text
jhemi_bab_1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
jhemi_bab_1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
jhemi_bab_2.pdf

Download (347kB)
[img] Text
jhemi_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
jhemi_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
jhemi_bab_5.pdf

Download (175kB)
[img] Text
jhemi_dp.pdf

Download (237kB)
[img] Text
jhemi_lp.pdf

Download (547kB)
[img] Text
jhemi_lp2.pdf

Download (460kB)
[img] Text
jhemi_cv.pdf

Download (143kB)

Abstract

Jhemi Erianto, 2025 “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Tradisi Sisemba’ dan Implikasinya Bagi Masyarakat Lembang Paonganan.” Dibawah bimbingan Pembimbing I Dr. Ismail Banne Ringgi’, M.Th dan Pembimbing II Bartolomius Budi, S.Pd., M.Th Penelitian ini menganalisis nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tradisi sisemba’ dan implikasinya bagi masyarakat. Sisemba’ merupakan permainan yang dilakukan dengan menggunakan kaki seperti bermain karate. Namun, permainan ini sering terjadi baku pukul menggunakan tanggan akibat para pemain yang tidak paham tentang permainan ini dan kurangnya kontrol emosi atau amarah sehingga hal tersebut bisa terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi nilai-nilai Pendidikan yang terkandung dalam tradisi sisemba’ dan implikasinya bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melaui Wawancara, Observasi,dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tradisi sisemba’ bukan hanya permainan saja tetapi sisemba’ merupakan tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat. Dalam tradisi sisemba’ mengandung nilai-nilai Pendidikan yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai Pendidikan itu seperti kesabaran, Kerjasama, kebersamaan, sportivitas, pelestarian budaya dan keberanian. Implikasi sisemba’ bagi masyarakat yaitu ungkapan syukur masyarakat, meningkatkan solidaritas dan kebersamaan masyarakat dan pelestarian budaya. Kata kunci: Sisemba’, Nilai-Nilai Pendidikan, Implikasi Sisemba’ bagi Masyarakat. ABSTRACT Jhemi Erianto, 2025 “Analysis of Educational Values Contained in the Sisemba’ Tradition and Its Implications for the Lembang Paonganan Community.” Under the guidance of Supervisor I Dr. Ismail Banne Ringgi’, M.Th and Supervisor II Bartolomius Budi, S.Pd., M.Th This study analyzes the educational values contained in the sisemba’ tradition and its imposition on the community. Sisemba’ is a game played using the feet like playing karate. However, this game often results in fist fights due to players who do not understand this game and lack of control over their emotions or anger so that this can happen. This study aims to analyze and identify the educational values contained in the sisemba’ tradition and its influence on the community. This study uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that the sisemba’ tradition is not just a game but sisemba’ is a tradition that continues to be preserved by the community. The sisemba' tradition contains educational values that can serve as guidelines in daily life. These values include patience, cooperation, togetherness, sportsmanship, cultural preservation, and courage. The implications of sisemba' for society include expressing gratitude, increasing community solidarity and togetherness, and preserving culture. Keywords: Sisemba', Educational Values, Implications of Sisemba' for Society.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: am andarias m.
Date Deposited: 29 Jul 2025 11:14
Last Modified: 29 Jul 2025 11:14
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item