Urgensi Alat Peraga dalam Belarja: Meningkatkan Motivasi Anak Mengikuti Ibadah Sekolah Minggu Gereja Toraja Jemaat To’Tallang Klasis Bokin Pitung Penanian dengan Penggunaan Alat Peraga

Pabua', Risna Sarri' (2013) Urgensi Alat Peraga dalam Belarja: Meningkatkan Motivasi Anak Mengikuti Ibadah Sekolah Minggu Gereja Toraja Jemaat To’Tallang Klasis Bokin Pitung Penanian dengan Penggunaan Alat Peraga. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
risna_hd.pdf

Download (389kB)
[img] Text
risna_kp.pdf

Download (299kB)
[img] Text
risna_bab_1.pdf

Download (464kB)
[img] Text
risna_bab_2.pdf

Download (725kB)
[img] Text
risna_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
risna_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
risna_bab_5.pdf

Download (270kB)
[img] Text
risna_dp.pdf

Download (390kB)
[img] Text
risna_lp.pdf

Download (585kB)
[img] Text
risna_cv.pdf

Download (272kB)

Abstract

RISNA SARRI’ PABUA’, 2013, menyusun skripsi dengan judul “URGENSI ALAT PERAGA DALAM BELAJAR” dengan sub judul Meningkatkan Motivasi Anak Mengikuti Ibadah Sekolah Minggu Gereja Toraja Jemaat To’Tallang Klasis Bokin Pitung Penanian dengan Penggunaan Alat Peraga, di Kelurahan Bokin , Kecamatan Rantebua. Dibawa Bimbingan Dr. Selvianti, M.Th dan Pdt. Dr. Abraham Sere Tanggulungan. M.Si. Alat peraga adalah alat yang merupakan salah satu daya dukung guru untuk melakukan tranformasi pembelajaran terhadap anak untuk menghasilkan tujuan yang akan dicapai. Secara ideal alat peraga bukanlah tujuan tetapi alat untuk memperjelas apa yang diajarkan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun secara praktis guru lebih banyak menggunakan strategi yang monoton saja, khususnya guru Sekolah Minggu dijemaat To’Tallang hanya menggunakan satu metode saja sehingga anak dalam mengikuti ibadah kurang termotivasi, padahal dalam mengajar banyak metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran sehingga anak termotivasi, sala satunya yaitu menggunakan alat peraga dalam belajar karena dengan menggunakan alat peraga anak Sekolah Minggu Jemaat To’Tallang termotivasi mengikuti ibadah. Sebagai guru Sekolah Minggu yang baik sebagai pemberita Firman di Gereja harus senantiasa memberitakan Firman itu dengan menggunakan alat peraga yang tepat sehingga anak dapat memahaminya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yakni pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan penggunaan alat peraga maka anak termotivasi mengikuti ibadah Sekolah Minggu di Gereja Toraja Jemaat To’Tallang Klasis Bokin Pitung Penanian. Di akhir skripsi ini penulis menyimpulkan bahwa alat peraga merupakan sala satu alat yang dapat meningkatkan motivasi anak mengikuti ibadah Sekolah Minggu Jemaat To’Tallang Klasis Bokin Pitung Penanian. Oleh karena itu dengan menggunakan alat peraga dalam belajar sebagai guru harus kreatif dalam mengajarkan alat peraga, alat peraga tidak hanya pohon, papan planel, boneka, gambar tetapi dapat memanfaatkan alat yang ada di lingkungan, baik media lokal maupun lingkungan.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 01 Feb 2025 14:34
Last Modified: 01 Feb 2025 14:34
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4256

Actions (login required)

View Item View Item