Dandan, Rofina (2023) Problematika Penggunaan Strategi E-learning pada Program Studi PAK Angkatan 2020 IAKN Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
dan_kp.docx Download (8kB) |
|
Text
dan_bab_1.docx Download (10kB) |
|
Text
dan_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) | Request a copy |
|
Text
dan_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text
dan_bab_5.pdf Download (313kB) |
|
Text
dan_dp.pdf Download (448kB) |
Abstract
Problematika yang dialami oleh dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran e-learning pada program studi PAK angkatan 2020 IAKN Toraja dan solusi alternatif penanganan terhadap problematika e-learning pada program studi PAK angkatan 2020 IAKN Toraja. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui problematika apa saja yang terjadi dalam penggunaan strategi e-learning pada program studi PAK angkatan 2020 IAKN Toraja serta solusi alternatif pada problematika yang dialami tersebut. Penulis menggunakan metode kualitatif untuk mengamati dan melakukan wawancara terhadap informan. Adapun informan yang diteliti berjumlah tiga dosen dan tujuh mahasiswa. Alasan penulis memilih tiga dosen dan tujuh mahasiswa karena dosen sebagai pendidik yang mengajar dalam bentuk e-learning memberikan data-data yang memiliki kesamaan terhadap masalah yang mereka alami dalam pembelajaran tersebut sedangkan mahasiswa sebagai pelajar adalah angkatan 2020 program studi PAK yang memberikan data-data sesuai dengan apa yang mereka alami dalam pembelajaran e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning merupakan sebuah pembelajaran yang berbasis elektronik melalui teknologi, informasi dan komunikasi dengan memanfaatkan berbagai macam metode yang ada. Adapun problematika yang ada yakni jaringan internet, aplikasi dan motivasi belajar. Adapun alternative penanganan yang dilakukan dosen yakni memberikan tugas tambahan bagi mahasiswa, mengecek kehadiran serta mengaktifkan kamera sepanjang perkuliahan sedangkan bagi mahasiswa mencari sinyal yang memadai sehingga pembelajaran dapat lancar, fokus dan disiplin dalam room serta membuat ringkasan sepanjang perkuliahan. Kata Kunci: Problematika, Strategi, E-learning, PAK
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Strategi, E-learning, PAK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 25 Feb 2024 11:42 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 10:07 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/422 |
Actions (login required)
View Item |