Limbong, Hartati (2017) Evaluasi Peran Guru PAK sebagai Pembimbing Sekolah Minggu di Gereja Toraja Jemaat Sion Malimbong. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
hartati_hd.doc Download (207kB) |
|
Text
hartati_kp.doc Download (80kB) |
|
Text
hartati_bab_1.doc Download (102kB) |
|
Text
hartati_bab_2.doc Download (373kB) |
|
Text
hartati_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (69kB) | Request a copy |
|
Text
hartati_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (100kB) | Request a copy |
|
Text
hartati_bab_5.doc Download (17kB) |
|
Text
hartati_dp.doc Download (17kB) |
|
Text
hartati_cv.doc Download (31kB) |
Abstract
Hartati Limbong, Nirm 20133699, menyusun skripsi dengan judul “Evaluasi Peran Guru PAK Dalam Pembimbingan Sekolah Minggu Di Jemaat Sion Malimbong”. Karya tulis ini bertolak dari pengamatan penulis terhadap guru PAK yang sekaligus majelis dalam sebuah jemaat yang memiliki peran sebagai pengajar Yang menurut pengamatan penulis, guru sekaligus majelis tersebut kurang memberikan perhatian pada anak-anak sekolah minggunya khususnya dalam pembimbingan sekolah minggu. Karya tulis ilmiah ini diselesaikan dengan mengunakan metode studi kasus, observasi dan studi teori. Rumusan masalah yang kemudian terjawab dalam tulisan ini adalah bagaimana peran guru PAK dalam pembimbingan sekolah minggu, sehingga teori-teori tentang peran guru PAK telah di bangun dalam tulisan ini khususnya pada bab II, namun dari hasil wawancara dengan narasumber nampaknya peran yang dilakukan sangat jauh berbeda dengan teori tentang peran guru PAK sehingga mengakibatkan peran yang dilakukan dalam pembimbingan sekolah minggu tidak maksimal yang tentu berakibat pada anak yang tidak mendapatkan pembimbingan yang semestinya. Hasil analisis dalam tulisan ini memberikan gambaran bahwa pembimbingan yang dilakukan tidak maksimal karena guru PAK sekaligus majelis hanya fokus pada pekeijaan sebagai guru di sekolah dan tugas pelayanannya sebagai anggota majelis dalam pelayanan di mimbar dan ibadah bergilir tiap minggunya, dengan demikian pembimbingan terhadap anak sekolah minggu terbengkalai, sehingga kesimpulan dari karya tulis ilmiah ini adalah ketidak adanya kesadaran guru PAK terhadap panggilannya sebagai seorang pengajar sekaligus majelis yang memiliki banyak peran termasuk dalam pembimbingan sekolah minggu, sehingga anak sekolah minggu menjadi korban.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 18:02 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 18:02 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3806 |
Actions (login required)
View Item |