Tande, Liku (2024) Strategi Guru Persekutuan Anak dan Remaja (PAR) dalam Meningkatkan Karakter Sopan santun di Gereja Mamasa Jemaat Efrata So'bok. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
liku_skpp.pdf Download (39kB) |
|
Text
liku_hd.pdf Download (306kB) |
|
Text
liku_bab_1.pdf Download (600kB) |
|
Text
liku_bab_2.pdf Download (677kB) |
|
Text
liku_bab_4.pdf Download (503kB) |
|
Text
liku_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text
liku_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text
liku_bab_5.pdf Download (455kB) |
|
Text
liku_dp.pdf Download (485kB) |
|
Text
liku_lp.pdf Download (506kB) |
|
Text
liku_lp2.pdf Download (177kB) |
|
Text
liku_cv.pdf Download (103kB) |
Abstract
Abstrak LIKU TANDE, 1020207671. Strategi Guru Persekutuan Anak Dan Remaja Dalam Meningkatkan Karakter Sopan Santun Di Gereja Toraja Mamasa Jemaat Efrata So’bok. Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaiman strategi guru PAR untuk meningkatkan karakter sopan santun di GTM Jemaat Efrata So’bok.Tujuan penelitian ini melihat strategi guru PAR dalam meningkatkan karakter sopan santun pada anak PAR di GTM Jemaat Efrata So’bok. Dengan menggunakan teori Maragustam untuk meningkatkan karakter sopan santu yaitu: pembiasaan dan pembudayaan, pengajaran hal-hal yang baik, pendekatan, tindakan atau moral yang baik, keteladanan, dan nasehat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, dan menggunakan keabsahan data, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian penelitian guru PAR di GTM Jemaat Efarata So’bok menggunakan strategi untuk meningkatkan karakter sopan santun yakni pembiasaan dan pembudayaan, pengajaran hal-hal yang baik, pendekatan, tindakan moral yang baik, keteladanan dan nasehat. Kata Kunci : Strategi guru persekutuan anak dan remaja, karakter sopan santun anak. Abstract LIKU TANDE, 1020207671. Strategy for Children and Youth Fellowship Teachers in Improving Polite Character in the Toraja Mamasa Church, Efrata So'bok Congregation.The problem in this research is what are the strategies of PAR teachers to improve polite character at GTM Efrata So'bok Congregation. The aim of this research is to look at PAR teachers' strategies for improving polite character in PAR children at GTM Efrata So'bok Congregation. By using the Maragustam theory to improve polite character, namely: habituation and acculturation, teaching good things, good approaches, actions or morals, example, and advice. This research is descriptive qualitative research using interview data collection, observation and documentation, and using data validity, triangulation and using reference materials.The results of research by PAR teachers at GTM Efarata So'bok Congregation used strategies to improve polite character, namely habituation and cultivation, teaching good things, approaches, good moral actions, example and advice. Keywords: Child and adolescent fellowship teacher strategies, children's polite character.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 11:09 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 11:09 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2583 |
Actions (login required)
View Item |